Bolehkah Penderita Diabetes Puasa?

Red: Ani Nursalikah

Sabtu 10 Apr 2021 05:25 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Puasa? Foto:

1

Sebab, tak ada asupan makanan yang berarti tak ada energi. Sore hari pada waktu puasa adalah saat di mana kadar gula berada dalam posisi paling rendah.

Ukuran normal gula dalam darah adalah 120-140 g/dl. Sedang kadar gula penderita diabetes umumnya di atas 200 g/ml.

Namun dalam kondisi hipoglikemi, kadar gula dalam darahnya bisa merosot hingga 20 g/ml. Naik atau turunnya kadar gula itu bisa terjadi akibat salah mengatur makanan, aktivitas fisik berlebihan atau tidak teratur mengonsumsi obat.

Jika pada orang normal setelah beberapa jam puasa kadar gula bisa turun hingga 60 g/ml, maka kondisi serupa bisa terjadi pada penderita DM. Namun dikhawatirkan kadar gula pasien DM yang puasa akan merosot jauh hingga mengalami hipoglikemi atau melonjak hingga terjadi hiperglikemi hingga pasien koma.

Itu terjadi karena organ yang mengatur kadar gula mereka tak bekerja optimal. Bahkan pada penderita diabetes tergantung insulin, organnya tak mampu menghasilkan insulin hingga harus disuntikkan dari luar.

Sedang saat puasa tak boleh ada makanan atau minuman yang masuk. Obat yang dikonsumsi secara oral juga terlarang. Bagi penderita diabetes tergantung insulin sulit mengaturnya karena mereka harus menyuntikkan insulin bahkan hingga tiga kali sehari.