Contoh Khutbah Idul Fitri: Bersama Lawan Covid-19

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 22 May 2020 12:43 WIB

Contoh Khutbah Idul Fitri: Bersama Lawan Covid-19. Sejumlah qari membaca Alquran untuk menandai Lailatul Qadar, salah satu malam paling suci bagi Muslim. Foto:

Contoh Khutbah Idul Fitri: Bersama Lawan Covid-19

Hadirin/hadirat Jamaah Shalat Idul Fitri yang berbahagia

Bagi umat Islam yang sehat dan belum suspect atau diyakini tidak terinfeksi COVID-19, apabila berada di suatu kawasan yang ditetapkan pemerintah masih zona kuning atau hijau, dan situasi pandemi COVID-19 terkendali, boleh belanja ke pasar, menyelenggarakan shalat jumat, jamaah shalat lima waktu, atau saling silaturrahim berkunjung menemui guru-guru, orang tua, dan handai taulan untuk lebaran dan halal-bi halal, dengan tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, misalnya tidak kontak fisik langsung (bersalaman, berpelukan, cium tangan), ke masjid/mushalla membawa sajadah sendiri, dan sering membasuh tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Hadirin/hadirat Jamaah Shalat Idul Fitri yang berbahagia

Marilah kita tingkatkan taqarrub (mendekatkan) diri kepada Allah dengan memperbanyak ibadah, taubat, istighfar, dzikir, membaca Qunut Nazilah di setiap shalat fardhu, memperbanyak shalawat, memperbanyak sedekah, dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah danmarabahaya, khususnya dari wabah COVID-19, dan agar pandemi Covid-19 segera dilenyapkannya dari bumi Indonesia. Aamiin.

Demikianlah khutbah pada pagi hari ini, akhirnya, dalam suasana bahagia, saya ucapkan; Selamat Idul Fitri 1441 H.

تقبل الله منا ومنكم تقبل يا كريم من العايدين والفائزين كل عام وانتم بخير

Mudah-mudahan Allah SWT menerima amal kami dan amal kalian, semoga kita termasuk orang-orang yang kembali (kepada fitrah kesucian) dan digolongkan sebagai orang-orang yang beruntung, semoga kalian dalam kebaikan sepanjang masa. Mohon maaf, lahir-bathin.

بارك الله لي ولكم في القرآن الكريم تنفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم وتقبل مني ومنكم الا أنه أنه هو السميع العليم 

Khutbah Kedua

الله اكبر، الله اكبر، الله اكبر، الله اكبر، الله اكبر،الله اكبر،الله اكبر, كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة واصيلا

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين، اما بعد. فيا ايهاالحا ضرون، اتقوا الله أوصيكم واياب بتقوى الله وطاعته لعلكم تفلحون. 

اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات، والمسلمين والمسلمات، الاحياء منهم والاموات، انك قريب مجيب الدعوات. 

اللهم انى اعوذبك من البرص، والجنوب، والجذام، وسييءالاسقام.

ربنا انك رءوف الرحيم. سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المر سليم والمد لله رب العالمين.