Pemerintah Jamin Stabilitas Harga Jelang Idul Fitri

Red: Bilal Ramadhan

Kamis 21 May 2020 18:02 WIB

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Foto: Antara/Nova Wahyudi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah berkomitmen menjamin stabilitas harga kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri tahun ini. Inflasi yang relatif rendah menjadi salah satu jaminan dari stabilitas harga tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga menjamin ketersediaan stok sembako jelang Idul Fitri relatif aman. "Dari 11 komoditas yang kita pantau semua relatif aman," kata Airlangga Hartarto, Kamis (21/5).

Airlangga yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini mengatakan, sejauh ini harga dari 11 komoditas bahan pokok tersebut juga stabil, tidak ada kenaikan yang signifikan.

"Dari bulan ke bulan harga relatif stabil karena mengikuti inflasi dan saat ini inflasi rendah," ujar dia.

Airlangga menjelaskan, di tengah pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) inflasi rendah karena aktivitas ekonomi juga terganggu. "Karena daya beli rendah, inflasi juga rendah tapi yang harus kita pastikan adalah ketersediaan pangan dan harga yang stabil untuk masyarakat," kata dia.

Terpopuler