Tradisi Muslim Timur Tengah Rayakan Idul Fitri

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 24 May 2020 07:25 WIB

Tradisi Muslim Timur Tengah Rayakan Idul Fitri. Perayaan Idul Fitri di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto:

Tradisi Muslim Timur Tengah Rayakan Idul Fitri

Turki

Di negeri ini, Hari Raya Idul Fitri disebut juga dengan Bayram dan dirayakan dengan liburan secara nasional. Pada masa ini, sekolah dan kantor-kantor pemerintah tutup selama tiga hari.

Hari pertama Bayram menjadi yang paling penting bagi warga Turki. Pada hari ini, orang muda akan menciumi tangan orang-orang yang dianggap tua sambil mengucapkan salam hari raya.

Anak-anak akan berkeliling di lingkungan sekitar tempat tinggal untuk menyebarkan salam hari raya dengan menyebut "Happy Bayram". Nantinya, mereka akan mendapatkan kudapan manis seperti permen, cokelat, serta permen tradisional seperti baklava dan Turkish Delight, atau uang.

Lebaran di Turki selalu identik dengan seker bayram atau festival gula. Di hari raya ini, semua rumah akan menyajikan hidangan atau jajanan yang serba manis, seperti permen dan cokelat.

Perayaan bayram biasanya juga dimeriahkan dengan pergelaran musik dan seni tradisional seperti Caragoz dan Hacivat. Desa-desa di Turki terlihat begitu semarak dengan hiasan lampu berwarna-warni di berbagai sudut. Tidak hanya itu, beragam acara penggalangan dana dilakukan saat Idul Fitri untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

photo
Turkish Delight (permen Turki) jadi dua makanan yang sering menjadi hadiah makanan bagi tetangga dan hadiah bagi anak-anak. - (Holiday-velvet.com)

Mesir

Di negara ini, Idul Fitri sama dengan hari libur nasional. Beberapa toko dan restoran juga tutup selama hari raya ini.

Lebaran biasanya dimulai dengan mengonsumsi makanan kecil. Selanjutnya baik laki-laki, perempuan, hingga anak-anak akan mengikuti sholat Id berjamaah. Setelahnya, mereka akan mulai silaturahim ke sesama tetangga atau keluarga.

Kunjungan keluarga menjadi suatu keharusan di hari pertama Idul Fitri. Dua hari libur lainnya bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat-tempat hiburan, seperti bioskop, teater, atau pantai. Sharm El Sheikh menjadi tempat favorit untuk menghabiskan liburan di Mesir di kala itu.

Saat berkumpul dengan keluarga, biasanya akan disajikan makanan khas Mesir yang disebut fata. Namun, Mesir memiliki menu khas Idul Fitri yang dikenal dengan istilah kahka. Ini adalah kue yang diisi kacang-kacangan dan ditutupi dengan gula bubuk.

Perayaan Idul Fitri identik dengan karnaval. Anak-anak akan berkumpul untuk mendengar dongeng cerita rakyat Mesir atau menonton pertunjukan sulap. 

Qatar

Persiapan Idul Fitri di negara ini dilakukan sekitar seminggu hingga 10 hari sebelum Ramadhan berakhir. Menjelang akhir Ramadhan, menjadi hari-hari yang sibuk bagi perempuan Qatar karena mereka yang melakukan hampir seluruh persiapan. 

Para penjahit akan mengalami kelebihan pesanan karena banyaknya perempuan yang menjahitkan pakaian baru untuk hari raya Idul Fitri. Sepuluh hari menjelang Idul Fitri di ibu kota Qatar, Doha, lalu lintas menjadi sangat buruk. Orang-orang berbondong mendatangi toko baju, pasar, dan penjahit untuk membeli keperluan Idul Fitri. 

 

 

Terpopuler