Selasa 05 May 2020 09:51 WIB

Tips Mendidik Anak Selama Isolasi Menurut Rhenald Kasali

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah kolaborasi antara anggota keluarga.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Gita Amanda
Sejumlah anak belajar menyalin surat Al Fatihah pada Kitab Al Quran didampingi orang tua di rumahnya, (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Sejumlah anak belajar menyalin surat Al Fatihah pada Kitab Al Quran didampingi orang tua di rumahnya, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Rumah Perubahan Rhenald Kasali menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua dalam mendidik anak selama masa isolasi pandemi Covid-19. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah kolaborasi antara anggota keluarga.

Rhenald menjelaskan, selama masa pandemi pekerjaan orang tua bisa jadi lebih banyak dari sebelumnya. Apalagi di saat keadaan ekonomi yang melemah seperti saat ini. Masyarakat dituntut bekerja lebih giat dari sebelumnya.

Baca Juga

"Jadi tipsnya yang pertama adalah lakukan kolaborasi sesama anggota kelaurga, karena tidak bisa kita atasi sendirian. Kita perlu dukungan keluarga kita," kata Rhenald, dalam webinar peluncuran siapnikah.org, Senin (4/5) lalu.

Selain itu, perlu diciptakan suasana bermain di rumah sehingga anak tidak tertekan. Rhenald juga menyebut saat ini TVRI memiliki program belajar dari rumah yang bisa disaksikan oleh anak dalam rangka mendapatkan ilmu pengetahuan. Pada malam hari, orang tua juga perlu membaca tips cara mendidik anak dan melakukannya dengan baik.

Guru Besar Universitas Indonesia ini juga menyinggung soal pentingnya dongeng. Ia mengatakan, dongeng yang diceritakan oleh orang tua menjadi penting untuk mengembangkan imajinasi anak.

"Dongeng penting. Kembali lagi ke masa kecil kita. Kita didongengin oleh orang tua, itu sangat penting sekali," kata Rhenald menjelaskan.

Ia juga menambahkan, orang tua jangan memarahi anaknya ketika sulit belajar. Sebab, masing-masing anak memiliki cara belajar sendiri, seperti ada yang bisa fokus dengan gambar namun ada pula yang fokus dengan tulisan.

"Jangan langsung menghukum anak-anak yang susah belajar karena mereka punya cara sendiri," kata dia lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement