Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Kamis 30 Apr 2020 07:48 WIB

Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa Ramadhan. Foto: Antara/Muhammad Adimaja Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga juga menjaga pola makan sehat dan manajemen stres yang baik.

Namun pada saat bulan suci Ramadhan, banyak orang yang enggan berolahraga karena takut merasa kelelahan. "Olahraga saat sedang berpuasa itu boleh dan aman, selama jenis olahraganya disesuaikan dengan kondisi tubuh," ujar Ketua Umum Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) Marcellina Leonora kepada Antara, Rabu (29/4).

Baca Juga

Olah raga kardio dengan intensitas rendah seperti jogging, jalan cepat, bersepeda, berenang, atau bahkan sekadar naik turun tangga di dalam rumah dapat menjadi pilihan. Marcellina mengatakan durasi yang diperlukan untuk berolahraga tidak perlu terlalu lama, cukup 30 menit sebelum berbuka puasa.

"Light resistance training tiga hingga empat set dengan jumlah repetisi delapan sampai 12 kali untuk setiap gerakan, ini juga dapat dilakukan sebelum berbuka puasa," kata Marcellina.

Kendati demikian, ada syarat yang harus dipatuhi sebelum Anda memulai olahraga. Marcellina menyebutkan penting untuk memastikan olahraga tidak dilakukan ketika kepala terasa pusing atau tubuh dalam kondisi lemas.

"Karena jam tidur yang berbeda dari hari-hari biasa dan kurangnya cairan di dalam tubuh. Olahraga selama di bulan Ramadhan bertujuan menjaga stamina agar tetap fit," ujar Marcellina.