Tradisi Utsmani: Bagikan Hidangan Sahur pada Lansia

Red: Ani Nursalikah

Selasa 28 Apr 2020 20:43 WIB

Tradisi Utsmani: Bagikan Hidangan Sahur pada Lansia. Lampu-lampu Ramadhan di Turki Foto: worldbulletin Tradisi Utsmani: Bagikan Hidangan Sahur pada Lansia. Lampu-lampu Ramadhan di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ERZURUM -- Sejumlah petugas pelayanan publik di kota Tunceli, Turki mengetuk pintu-pintu rumah lansia untuk membagikan makanan sahur di atas nampan yang dilengkapi dengan hiasan lilin. Sekelompok orang anggota Kelompok Dukungan Sosial Wafa membagikan hidangan sahur gratis demi menghidupkan kembali adat pada zaman Utsmani dahulu.

Sejalan dengan kebijakan Kementerian Dalam Negeri Turki, Kelompok Dukungan Sosial Vefa akan memenuhi kebutuhan mereka yang memiliki penyakit kronis dan berusia 65 tahun ke atas. Akibat pemberlakuan pembatasan keluar rumah karena Covid-19, kelompok itu juga bergerak membantu para lansia pada waktu malam.

Baca Juga

Para anggota Kelompok Dukungan Sosial Wafa, yang terdiri dari polisi, gendarmerie dan berbagai anggota lembaga publik lainnya, menerima panggilan hotline, dan dengan cepat mereka membantu warga yang membutuhkan. Para petugas membawa nampan berisi makanan sahur ke rumah-rumah warga yang lansia yang membutuhkan.

Dengan demikian, para petugas berusaha menjalankan tradisi menawarkan makanan sahur dari pintu ke pintu turun-temurun dari nenek moyang mereka. Mereka juga sedang memastikan tradisi itu tak terlupakan dan sejauh ini telah menenangkan hati para lansia.

Para lansia yang menerima nampan sahur itu juga berterima kasih kepada petugas dan menyatakan kepuasan mereka. Kelompok Dukungan Sosial Wafa ini terdiri dari petugas pelayanan publik yang ditugaskan oleh pemerintah Turki untuk melayani masyarakat dan menyalurkan bantuan selama pembatasan sosial akibat Covid-19.