Buah Blewah dan Manfaatnya yang Kaya Antioksidan

Red: Muhammad Hafil

Sabtu 25 Apr 2020 22:01 WIB

Manfaat Buah Blewah yang Kaya Antioksidan. Foto: Wordpress Manfaat Buah Blewah yang Kaya Antioksidan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah blewah termasuk buah yang banyak dicari ketika bulan Ramadhan. Karena, buah ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan es buah.

Menikmati segelas es blewah usai berbuka puasa terasa menyegarkan. Dan, tahukah Anda jika blewah juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini seperti dilansir Megabored.

Baca Juga

Kaya antioksidan

Buah yang di luar negeri dikenal dengan nama cantaloupe ini kaya vitamin C dan antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas. Vitamin C juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta merangsang produksi sel-sel darah putih yang berfungsi melawan virus dan bakteri jahat.

Mengembalikan kesehatan jantung

Blewah mengandung senyawa alami yang disebut adenosin. Senyawa ini biasa digunakan untuk mengencerkan darah pasien penderita jantung. Maka, tak heran jika kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular membaik jika rutin mengonsumsinya.

Mencegah kecemasan

Mengonsumsi blewah bisa merilekskan tubuh, membantu lebih fokus dan terhindar dari rasa cemas berlebih. Blewah juga mengandung kalium, senyawa yang berfungsi menormalkan detak jantung serta merangsang tubuh untuk meningkatkan pasokan oksigen ke otak.

Baik untuk penglihatan

Sama seperti wortel, blewah menawarkan konsentrasi beta-karoten tingkat tinggi, nutrisi yang diproses oleh tubuh menjadi vitamin A. Pola makan kaya vitamin A sangat penting mempertahankan penglihatan mata normal dan mengurangi risiko katarak.

Membersihkan paru-paru

Perokok kronis atau penduduk kota metropolitan yang setiap hari terpapar asap dan polusi dapat memanfaatkan blewah untuk membersihkan paru-paru. Mengonsumsi blewah yang kaya vitamin A disebutkan mampu membalikkan efek bahan kimia karsinogenik pada asap rokok dan menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan paru-paru seperti emfisema.

 

Terpopuler