India Tegaskan Larangan Sholat di Masjid Saat Ramadhan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 23 Apr 2020 00:49 WIB

India Tegaskan Larangan Sholat di Masjid Saat Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay India Tegaskan Larangan Sholat di Masjid Saat Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pemerintah India telah meminta negara bagian dan teritorial serikat untuk tetap berhati-hati dan memastikan bahwa tidak ada agenda pertemuan keagamaan selama bulan suci Ramadhan. Hal ini menyusul adanya lockdown yang sedang berlangsung karena wabah virus corona.

"Sholat dan pertemuan di tempat keagamaan mana pun dilarang selama lockdown dan kami berharap semua orang akan mematuhi arahan ini," kata seorang pejabat senior pemerintah India dilansir dari laman Greater Kashmir, mengutip Press Trust of India, Rabu (22/4).

Baca Juga

Pemerintah pusat juga telah meminta pemerintah negara bagian dan administrasi teritorial serikat untuk mendesak para pemimpin Muslim agar meminta pengikutnya tetap berada di rumah. Pemerintah negara bagian telah diminta berkomunikasi dengan para pemimpin Muslim untuk memastikan tidak ada pertemuan di masjid dan orang-orang harus sholat di rumah.

Pemerintah pusat menyampaikan permintaan itu untuk merespons ide membolehkan orang-orang berkumpul di masjid di beberapa bagian negara untuk menunaikan shalat tarawih. Namun dalam pedoman konsolidasi yang direvisi yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri pada 15 April, disebutkan bahwa semua tempat ibadah harus ditutup untuk umum.

Para jamaah agama dilarang keras selama penguncian, yang akan berlanjut hingga 3 Mei. Pemerintah negara bagian juga diminta untuk menjangkau komite manajemen masjid dan tokoh masyarakat melalui polisi setempat sehingga tidak ada yang mengunjungi masjid untuk sholat.

Meski beberapa organisasi dan ulama Muslim telah mengimbau agar para Muslim sholat di rumah selama Ramadhan, otoritas India khawatir melihat banyaknya orang di markas Jamaah Tabligh di Nizamuddin di Delhi. Padahal telah diberlakuan lockdown dan perintah untuk menjaga jarak sosial.

Terpopuler