Pedoman WHO untuk Muslim Saat Ramadhan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Senin 20 Apr 2020 13:57 WIB

Pedoman WHO untuk Muslim Saat Ramadhan. Foto:

Pedoman WHO untuk Muslim Saat Ramadhan

Aktivitas fisik

Selama pandemi Covid-19 banyak orang dibatasi dari melakukan aktivitas fisik di luar. Sebagai pengganti kegiatan di luar ruangan, gerakan fisik dilakukan dalam ruangan. Bila memungkinkan, ikutilah kelas aktivitas fisik secara daring untuk menjaga kebugaran.

Jaga kebutuhan nutrisi tubuh

Memilih nutrisi yang tepat sangat penting selama bulan Ramadhan. Orang harus makan berbagai makanan segar setiap hari. Selain itu, perbanyaklah minum air agar tidak dehidrasi.

Jangan merokok

Penggunaan tembakau tidak disarankan dalam situasi apa pun, terutama selama Ramadhan dan pandemi Covid-19. Perokok berat atau orang yang kemampuan paru-parunya telah berkurang sangat berisiko terkena penyakit Covid-19. Saat merokok, jari-jari tangan menyentuh bibir sehingga memungkinkan virus dari tangan masuk melalui saluran pernapasan. Penggunaan shisa juga berisiko menularkan wabah Covid-19 karena pipa atau alat isap pada shisa digunakan beberapa orang.

 

Mempromosikan kesehatan mental dan psikososial

Meskipun praktik ibadah saat Ramadhan tahun ini berbeda, sangat penting meyakinkan orang-orang mereka masih bisa berdoa, berbagi, dan peduli dari jarak yang aman. Mereka bisa memastikan keluarga, teman, dan orang-orang dekat masih dapat berkomunikasi dalam jarak fisik yang aman. Maka, perlu dipertimbangkan menggunakan teknologi digital untuk tetap dapat berinteraksi dengan mereka.

Doakan orang yang sakit dan sampaikan pesan-pesan harapan yang membuat nyaman. Bila dilakukan, hal ini dapat menjaga kesehatan masyarakat.

Cegah kekerasan

Dalam penerapan pembatasan berkumpul dan pembatasan aktivitas di luar ruangan dan ruang publik, biasanya peristiwa kekerasan dalam rumah tangga, khususnya terhadap perempuan, anak-anak, dan orang-orang yang terpinggirkan, cenderung meningkat. Pihak berwenang dan pemimpin agama dapat secara aktif berbicara menentang kekerasan tersebut. Mereka harus memberikan dukungan atau mendorong kepada korban untuk mencari bantuan.

Terpopuler