Sabtu 18 Apr 2020 22:49 WIB

Stasiun Radio Muslim Pertama Hadir di Ohio Selama Ramadhan

Radio Muslim membantu syiar Islam di Ohio selama Ramadhan Covid-19.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Radio Muslim membantu syiar Islam di Ohio selama Ramadhan Covid-19.  Pemancar radio. Ilustrasi
Foto: .
Radio Muslim membantu syiar Islam di Ohio selama Ramadhan Covid-19. Pemancar radio. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, HEATH – Pusat Islam Al Amin di Kota Heath, Ohio, Amerika Serikat akan menjadi markas bagi program Ramadhan Radio Wolverhampton. Sebuah stasiun radio Muslim pertama di kota itu. 

Stasiun ini didirikan untuk menemani Muslim di Kota Heath selama 30 hari Ramadhan. Ramadhan merupakan bulan kesembilan di kalender Islam. Umat Islam di seluruh dunia merayakannya dengan puasa, berdoa, refleksi, dan berkumpul bersama. 

Baca Juga

Radio ini akan menyiarkan sejumlah program yang melayani audiens Islam. Isinya berupa saran, pengingat waktu sholat, dan diskusi tentang topik-topik seperti hukum, keuangan, kesehatan, politik, serta kondisi saat ini.  

Stasiun radio ini didirikan pengusaha Wolverhampton, Khalid Parvez. Dia menyatakan kegembiraannya karena dapat meluncurkan stasiun radio komunitas baru untuk kota tersebut. 

"Tujuan kami adalah membuat Radio Ramadhan mandiri dan memberikan kesempatan bagi anggota komunitas kami untuk mengambil bagian dalam membuat radio lokal," ujarnya dikutip di situs Express and Star, Sabtu (18/4).  

Parvez menyebut pihaknya ingin mendorong dan mempromosikan suara bagi mereka yang merasa kurang terwakili atau dikecualikan secara sosial. Stasiun radio ini diharap bisa menyediakan jalan keluar untuk kreativitas, berbagi visi, dan berbagi ekspresi semua orang di komunitas lokal mereka. 

Stasiun radio ini rencananya akan diluncurkan secara daring pada Ahad (19/4) esok. Sementara untuk siaran analog dilakukan bertepatan hari pertama Ramadhan, 24 Juli di saluran 87,9FM setempat. Dalam acara perdana itu akan menghadirkan berbagai macam presenter, dari penyiar profesional hingga pemimpin agama dan anggota masyarakat. 

Salah satunya adalah Alvina Ali, atau lebih dikenal sebagai DJ Aashiqui di Radio XL 1296 AM. Dia berasal dari Wolverhampton dan akan membawakan dua program selama siaran di stasiun radio Wolverhampton.  

Dia menyatakan rasa senang bisa bergabung dengan tim dan tidak sabar ingin memulai siarannya. "Saya berharap dapat terhubung dengan pendengar dan memberikan sesuatu kepada masyarakat untuk membuat perbedaan. Saya berharap program ini akan menjangkau lebih banyak pendengar di seluruh dunia," kata dia. 

Alvina akan membawakan dua program. Yakni In Conversation with ... setiap Kamis pukul 19:00 - 20:00 waktu setempat dan Loose Sisters setiap Ahad pukul 13:30 - 15:00.  

Dia menyebut merasa terhormat menjadi tuan rumah untuk dua slot program. Dalam menjalankan programnya nanti, ia memiliki kesempatan untuk menambahkan ciri khasnya sendiri. Alvina berharap pendengarnya merasa terhibur dan senang.  

Selain itu, dia berharap para pendengarnya memiliki keterikatan yang baik dengannya maupun radio tersebut. Dengan begitu, mereka akan dengan senang hati mendengarkan program-program yang ada serta bergabung baik melalui sambungan telepon atau cara lainnya.

Untuk mendengar Radio Ramadan, bisa menuju saluran 87.9FM atau mengunjungi situs resmi mereka, www.ramadanradiowolves.com. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement