Libur Lebaran Usai, Arus Lalu Lintas Sumbar Kembali Lancar

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda

Selasa 11 Jun 2019 12:01 WIB

Foto udara Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Jambi-Sumbar di Bungo, Jambi, Sabtu (18/5/2019). Foto: Antara/Wahdi Septiawan Foto udara Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Jambi-Sumbar di Bungo, Jambi, Sabtu (18/5/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Barat Heri Noviardi mengatakan hari ini lalu lintas di Sumatera Barat (Sumbar) terutama jalur yang dilewati kendaraan arus balik sudah mulai lancar. Volume kendaraan yang selama lebih kurang 10 hari terakhir selalu padat kini mulai menurun.

"Arus lalu lintas pada H+6 volume kendaraan mulai berkurang. Kendaraan dari luar Sumbar terutama dari luar Sumbar sudah tidak ramai lagi," kata Heri kepada Republika.co.id, Selasa (11/6).

Baca Juga

Heri sendiri mengatakan hari ini ia bersama jajarannya melakukan peninjauan ke beberapa jalur arus balik. Mulai dari Kota Padang, Kabupaten Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung sampai ke Kabupaten Dharmasraya.

Untuk jalur dari Padang ke Solok kata Heri sudah terpantau sepi. Siang ini timnya baru akan bergerak ke Solok. Di mana kata Heri jalur arus balik dari Padang sudah mulai lancar.

"Kami akan meninjau ke Solok, Sawahlunto, Sinjunjung sampai Dharmasraya untuk memastikan jalur lancar dan aman," ujar Heri.

Jalur yang hari ini dipantau oleh Dishub Sumbar merupakan jalur arus balik menuju Jambi, Sumatera Selatan, Lampung sampai ke Pulau Jawa. Di mana jalur tersebut selain dilewati oleh perantau Sumbar juga oleh kendaraan arus balik dari Pekanbaru, Sumatera Utara bahkan dari Aceh.

Terpopuler