REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano menyarankan para penumpang arus balik agar melakukan check in online melalui mobile atau website bila maskapai yang dipesan menyediakan fitur tersebut. Menurut Yado web check in online dapat mempermudah proses perjalanan penumpang terlebih akan adanya lonjakan penumpang arus balik akhir pekan ini.
Selain check in online, kata Yado di Bandara Soekarno Hatta juga ada fasilitas self check in untuk memudahkan pemudik sehingga dapat meminimalisir antrean untuk check in manual.
"“Di samping itu, kami juga menyarankan agar pemudik bisa melakukan check-in terlebih dahulu melalui mobile atau website apabila maskapai menyediakan fasilitas tersebut. Di Soekarno-Hatta juga tersedia fasilitas self check-in untuk memudahkan pemudik," kata Yado melalui keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (9/6).
Dalam keterangan yang sama, President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan untuk musim libur tahun ini peningkatan pergerakan penumpang terbagi menjadi dua periode. Pertama yaitu ketika libur Lebaran Idul Fitri di awal bulan Juni 2019. Kedua adalab ketika liburan anak sekolah disekitar minggu ketiga Juni 2019.
Awaluddin menyebut pihak AP II menyediakan berbagai fasilitas baru di Bandara Soekarno Hatta untuk memberikan pengalaman liburan konsumen. Di antaranya i-Millennial Airport Travel Experience Lounge (iMATE Lounge), Airsport yang merupakan area bermain game online, Halal Park di Plaza Terminal 3, Hotel Kapsul di Terminal 3, Sleeping Pods di Terminal 3, Skuter listrik GrabWheels di Terminal 3 dan Reading corner