Polres Solok Perpanjang Dua Pos Pengamanan Arus Balik

Rep: Febrian Fachri/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ahad 09 Jun 2019 18:36 WIB

Pemudik sepeda motor melintas di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Bakauheni, Bandar Lampung, Bandar Jaya, Lampung, Sabtu (1/6/2019). Foto: Antara/Ardiansyah Pemudik sepeda motor melintas di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Bakauheni, Bandar Lampung, Bandar Jaya, Lampung, Sabtu (1/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLOK -- Kapolres Solok AKBP Dony Setiawan mengatakan pihaknya akan memperpanjang pengoperasian dua pos pengamanan di wilayahnya untuk menjamin keamanan jalur arus balik pascalebaran. Dua pos pengamanan yakni  Pospam Taman Kota Syeh Kukut serta Pospam Simpang Syamsidar. Kemudian ada juga pos pelayanan di Sungai Lasi dan Singkarak.

“Pospam dan Posyan ini bertujuan untuk kelancaran lalu lintas, dan membantu warga yang hendak balik ke perantauan sehingga beban pemudik menjadi ringan," kata Dony, Ahad (9/6).

Geografis wilayah Solok terdiri dari perbukitan dan jurang. Sehingga jalan raya Lintas Sumatera di kabupaten tersebut rawan dengan bencana seperti tanah longsor pada musim penghujan. Dony mengimbau kepada warga yang hendak mengarungi arus balik agar hati-hati melintasi Jalinsum di daerah Solok.

Untuk melayani warga, Kapolres meminta seluruh jajaran yang piket di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan agar bersinergi dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan agar memberikan pelayanan ekstra kpeada masrakat.

Dony mengingatkan akan potensi bahaya yang bisa mengganggu arus balik. Seperi di ruas jalan di Jorong Batang Pamo, Nagari Pianggu Kecamatan IX Koto Sungai Lasi terjadi tanah longsor pada Kamis (6/6) lalu sehingga menganggu kelancaran arus lalu lintas.

Ada juga pernah kejadian kendaraan pick up mogok di sekitar palang pintu rel kereta api di dekat Kantor Polsek Singkarak pada Sabtu (8/6) kemarin. Di mana mobil pick up tersebut menimbulkan kemacetan arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera.

"Anggota polisi harus terus bersinergi dengan institusi lainnya untuk memberikan pengabdian kepada masyarkat," ujar Dony.

Terpopuler