Pengendara Bingung Gerbang Tol Jakarta-Cikampek Ditutup

Red: Ani Nursalikah

Ahad 09 Jun 2019 18:00 WIB

Sejumlah kendaraan pemudik terjebak kemacetan di Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat. Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah kendaraan pemudik terjebak kemacetan di Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Sejumlah pengendara kebingungan dengan penutupan pintu masuk gerbang tol Jakarta-Cikampek pada H+3 arus mudik Lebaran di wilayah Karawang, Jawa Barat, Ahad (9/6).

Sejumlah gerbang masuk tol ditutup karena PT Jasa Marga dan polisi menerapkan sistem satu arah di jalan tol Jakarta-Cikampek mulai kilometer 70 hingga kilometer 29. Berdasarkan pantauan di gerbang tol Karawang Barat dan Karawang Timur, pengendara yang akan melintas menuju arah Cikampek tidak bisa masuk jalan tol.

Baca Juga

Semua lajur di jalan tol Jakarta-Cikampek hanya satu arah, yakni hanya bisa dilewati pengendara dari arah Cikampek menuju Jakarta. Kendaraan dari arah sebaliknya atau dari arah Jakarta menuju Cikampek dialihkan ke jalan arteri Bekasi-Karawang.

"Sempat bingung juga, jalan tol sampai ditutup," kata Adul, seorang pengemudi dari Cikarang yang mengaku akan ke Indramayu saat ditemui di Karawang.

Ia mengaku bingung jika diarahkan ke jalan arteri karena sudah terbiasa lewat jalan tol saat akan ke Indramayu. Jika melewati jalan arteri, katanya, arus lalu lintas sering macet sebab banyak pertigaan.

Pengendara lainnya, Hasan, juga bingung dengan ditutupnya gerbang masuk jalan tol Jakarta-Cikampek. "Kami ingin cepat sampai, jadi memilih jalan tol. Tapi jalan tolnya ditutup," kata dia.

Terpopuler