Puncak Arus Balik, Terminal Sukabumi Capai 7 Ribu Penumpang

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ahad 09 Jun 2019 16:18 WIB

Terminal Sukabumi Foto: Republika Terminal Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Puncak arus balik lebaran di Terminal Tipe A Kota Sukabumi terjadi pada H+4 lebaran, Ahad (9/6). Di mana penumpang yang diberangkatkan diperkirakan mencapai sekitar 7.000 orang atau naik 70 persen dibandingkan sebelumnya.

‘’Pada hari terakhir masa liburan, terpantau penumpang arus balik meningkat 70 persen dibandingkan sebelumnya,’’ ujar Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi Yukky Rahmat Yunus kepada wartawan, Ahad. Jumlah penumpang yang terdata diberangkatkan pada Ahad ini sekitar 7.000 hingga 8.000 orang.

Para penumpang ini ungkap Yukky, mulai berdatangan ke terminal sejak Ahad dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Rata-rata tujuan pemudik adalah wilayah Jakarta seperti jurusan Kalideres, Lebak Bulus dan Tanjungpriok.

Mereka kata Yukky adalah pemudik yang pulang dari kampung halaman di Sukabumi dan akan ke Jakarta untuk kembali bekerja pada Senin (10/6). Sebabnya pada Senin merupakan hari pertama kerja bagi aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai swasta lainnya setelah libur lebaran.

Sehingga kata Yukky, pada Ahad ini diperkirakan puncak dari arus balik lebaran. Sebelumnya pada H+3 lebaran atau Sabtu (8/6) jumlah pemudik yang diberangkatkan dari Terminal Sukabumi hanya sebanyak 5.200 orang.

Ribuan pemudik ini ungkap Yukky dapat terlayani oleh ratusan armada bus yang tersedia di terminal. Seperti diketahui di Terminal Sukabumi disiapkan sebanyak 250 armada bus dan 10 bus cadangan untuk berbagai jurusan.

Diakui Yukky, sebagian penumpang untuk jurusan Kalideres sempat menunggu kedatangan bus yang terkendala kemacetan lalu lintas. Namun para penumpang tersebut akhirnya bisa diberangkatkan dengan armada yang ada.

Salah seorang pemudik yang akan kembali ke Jakarta, Sari R (30) mengatakan, ia sempat menunggu cukup lama kedatangan bus jurusan Lebak Bulus, Jakarta. ‘’ Informasinya bus terlambat datang karena kendala kemacetan,’’ imbuh dia.

Sari mengatakan, ia memilih pulang pada Ahad karena pada Senin sudah harus kembali bekerja. Harapannya di dalam perjalanan ke Jakarta tidak terjadi kemacetan.

Pemudik lainnya Hendra (45) mengatakan, ia juga harus pulang ke Jakarta karena sudah masuk kerja pada Senin. ‘’ Waktu liburan sudah habis dan harus segera kembali ke Jakarta,’’ cetus dia, yang naik bus jurusan Kalideres.n riga nurul iman

Terpopuler