Kendaraan Pemudik Padati Dermaga III Pelabuhan Bakauheni

Red: Ani Nursalikah

Ahad 09 Jun 2019 14:33 WIB

Pemudik sepeda motor mengantre memasuki kapal Roro di dermaga III pelabuhan penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. Foto: ANTARA FOTO/Ardiansyah Pemudik sepeda motor mengantre memasuki kapal Roro di dermaga III pelabuhan penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Memasuki H+3 arus balik Lebaran 2019, kendaraan roda dua dan puluhan roda empat mengantre cukup panjang untuk memasuki kapal di Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung.

Berdasarkan pantauan Antara, Ahad (9/6) ratusan pemudik bermotor terus berdatangan hingga memadati kantong parkir di Dermaga III Pelabuhan Bakauheni. Begitu pula dengan dengan kendaraan roda empat baik bus maupun mobil pribadi.

Baca Juga

Akibat terlalu lamanya para pemudik menunggu masuk kapal, ditambah suasana yang panas, salah satu pemudik bermotor ada yang pingsan saat sedang mengantre masuk ke kapal. Menurut salah satu pemudik motor Rully asal Pringsewu Provinsi Lampung, para pemudik di kantong Dermaga III ini sudah mengantre masuk kapal selama satu-dua jam.

"Saya mudik setiap tahun ke Lampung dan pada tahun ini ada yang sedikit berbeda. Antrean masuk kapal terlalu lama padahal sebelumnya tidak lama seperti ini," kata dia.

Pemudik lainnya, Hamidah asal Lampung Timur mengatakan hal senada terkait waktu antre memasuki kapal yang cukup lama. "Ini sudah menunggu di sini satu jam lebih, tapi di bandingkan tahun lalu pembelian tiket sama saja tak ada perubahan namun hanya di menunggu masuk kapal saja yang sedikit lama," kata dia.

Dirut PT ASDP Indonesia Ferri (Persero) Ira Puspa Dewi mengatakan akan mengevaluasi sistem pelayanan yang digunakan tahun ini. "Sebenarnya kami sudah mengantisipasi lonjakan penumpang ini, dan telah belajar dari peningkatan penumpang dari tahun baru dan Natal. Kami akan tetap evaluasi agar tahun depan akan lebih bagus lagi sistem pelayanannya," kata dia.

Terpopuler