71 Ribu Orang Kunjungi TMII Hari Ini

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah

Sabtu 08 Jun 2019 17:14 WIB

Suasana di TMII masih tampak masih ramai di H+2 Lebaran, Jumat (7/6). Foto: Republika/Flori Sidebang Suasana di TMII masih tampak masih ramai di H+2 Lebaran, Jumat (7/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masih menjadi salah satu destinasi favorit warga Ibu Kota dan sekitarnya. Tercatat, total 71 ribu orang mengunjungi tempat wisata yang berada di Jakarta Timur tersebut pada Sabtu, (8/6) sore.

Staf Humas TMII, Redy menyebut jumlah pengunjung pada sore ini kian bertambah. Bahkan angkanya naik hampir 40 persen bila dibandingkan pada Sabtu siang yang mencapai 57.510 orang.

Baca Juga

"Sabtu siang pukul 14.00 WIB jumlah pengunjung 57.510 orang. Sedangkan pukul 16.00 WIB naik menjadi 71.337 orang," katanya dalam keterangan resmi pada Republika.co.id, Sabtu (8/6).

Jumlah pengunjung pada hari ini mengalami kenaikan hampir dua kali lipat daripada Jumat (7/6) yang menyentuh 43.896 orang. Di sisi lain, mayoritas pengunjung datang menggunakan sepeda motor yaitu sebanyak 8.252 unit pada Sabtu, (8/6). Begitu pun pada Jumat (7/6) yang angka pengendara motornya sebanyak 4.626 unit. "Pengunjung lain datang dengan mengendarai bus atau pun mobil," sebutnya.

Diketahui, TMII ialah kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia dalam area seluas kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat dari 34 provinsi yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah.

Di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya. Ada juga kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas serta Teater Tanah Airku. Berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka.