Pemudik Kereta Api ke Purwokerto Masih Tinggi

Rep: eko widiyatno/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 07 Jun 2019 22:40 WIB

Stasiun Purwokerto Stasiun Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dua hari setelah Lebaran, arus penumpang mudik yang menggunakan KA dari Jakarta menuju stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto masih tinggi. Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, menyebutkan jumlah penumpang dari arah Jakarta yang turun di stasiun wilayah Daop 5 masih tidak berbeda dengan kondisi sebelum lebaran.

"Pada 6 Juni atau sehari setelah Lebaran, jumlah penumpang turun di wilayah Daop 5 mencapai 26.598 orang. Sedangkan pada 7 Juni ini, hingga pukul 15.00 tercatat sudah ada 24.505 penumpang yang turun," katanya, Jumat (7/6).

Baca Juga

Kondisi sesudah Lebaran ini cenderung tidak berbeda dengan kondisi sebelum Lebaran karena jumlah penumpang turun tidak jauh berbeda. Seperti pada 4 Juni 2019 atau sehari sebelum Lebaran, jumlah penumpang turun tercatat 25.398 orang. Pada 5 Juni atau hari H lebaran, jumlah penumpang turun tercatat 24.591 orang.

"Masih banyaknya penumpang yang turun pada hari-hari setelah lebaran, menunjukkan arus penumpang mudik hingga Jumat (7/6) ini belum selesai," katanya.

Supriyanto juga menyebutkan, arus penumpang balik di stasiun-stasiun wilayah Daop 5, juga sudah mengalami lonjakan sejak sehari setelah Lebaran atau 6 Juni 2019. "Kalau sebelumnya sebelum lebaran, rata-rata jumlah penumpang naik dari stasiun wilayah Daop 5 tercatat sekitar 10 ribuan penumpang, maka sejak 6 Juni sudah mengalami lonjakan menjadi 22.189 penumpang," katanya.

Dia memperkirakan, puncak arus penumpang balik yang menggunakan KA diperkirakan akan berlangsung pada Ahad (9/6). Pada hari tersebut, diperkirakan akan ada lebih dari 26 ribu penumpang yang akan naik KA dari stasiun-stasiun wilayah Daop 5.

"Mereka naik dari stasiun di wilayah Daop 5, menuju kota-kota lain seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang," ujarnya.

Untuk mengantisipasi membeludaknya penupang arus balik, Supriyanto menyatakan, PT KAI Daop 5 purwokerto sudah melakukan persiapan, antara lain mengerahkan seluruh SDM untuk siaga di posko-posko angkutan lebaran di berbagai stasiun. "Kami berharap pada saat penyelenghgaraan arus penumpang balik ini, semua bisa berjalan lancar dan aman," katanya.

Terpopuler