Konsumsi Pertamax Naik Dua Kali Lipat di Tol Trans Jawa

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih

Jumat 07 Jun 2019 19:36 WIB

Armada storage BBM Pertamina memasok untuk kebutuhan SPBU Modular di Rest Area KM 456 A ruas tol Semarang- Solo, Jumat (31/5). Memasuki H-5 Lebaran 1440 Hijriyah, konsumsi BBM di wilayah kerja Pertamina MOR IV mengalami peningkatan 30 persen dibandingkan rata rata konsumsi normal harian. Foto: Republika/Bowo Pribadi Armada storage BBM Pertamina memasok untuk kebutuhan SPBU Modular di Rest Area KM 456 A ruas tol Semarang- Solo, Jumat (31/5). Memasuki H-5 Lebaran 1440 Hijriyah, konsumsi BBM di wilayah kerja Pertamina MOR IV mengalami peningkatan 30 persen dibandingkan rata rata konsumsi normal harian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahan bakar mesin Pertamina, Pertamax menjadi idola para pemudik yang mengisi bahan bakar di SPBU Toll Trans Jawa. Konsumsi Pertamax di SPBU Toll Trans Jawa mengalami kenaikan  lebih dari sebesar 96 persen atau sebesar 179.000 liter per hari dibandingkan rata-rata harian normal.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan, Konsumsi Pertamax di SPBU Toll Trans Jawa mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan pada saat puncak konsumsi arus mudik pada tanggal 4 Juni 2019, konsumsi Pertamax di SPBU Toll Trans Jawa mengalami peningkatan sebesar 256 persen dari rata-rata harian normal atau sebesar 477.000 liter.

Baca Juga

"Peningkatan konsumsi Pertamax di SPBU Toll Trans Jawa merupakan yang paling tinggi dibandingkan produk-produk gasoline Pertamina lainnya, hal ini menjadi bukti bahwa pemudik memilih bbm berkualitas beroktan tinggi untuk mendapatkan performa mesin yang prima selama mudik," ujar dia.

Berdasarkan pantauan penyaluran BBM di SPBU Toll Trans Jawa hingga 5 Juni 2019,  produk unggulan Pertamina lainnya yaitu Pertamax Turbo dan Pertamina Dex juga mengalami kenaikan yang signifikan sekitar 71 persen dan 63 persen. Sementara Pertalite mengalami kenaikan 54 persen dan Premium naik 39 persen.

Lebih lanjut Fajriyah menghimbau untuk kenyamanan pada arus balik nanti,  pemudik agar melakukan isi penuh tangki BBM atau full tank sebelum berangkat dan saat di SPBU untuk menghindari penumpukan kendaraan. 

"Kami menghimbau kepada seluruh pengendara untuk mengisi full tank dulu di SPBU wilayah keberangkatan, kemudian segera mengisi penuh jika kondisi tangki sudah terpakai setengah," kata dia.