BMKG: Waspada Potensi Cuaca Buruk Saat Arus Balik Lebaran

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Jumat 07 Jun 2019 17:37 WIB

Cuaca angin kencang. (ilustrasi) Foto: Republika/Mahmud Muhyidin Cuaca angin kencang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi cuaca buruk selama periode arus balik Lebaran. Beberapa daerah Indonesia rawan terjadi hujan lebat dan angin kencang selama periode 7-10 Juni 2019.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo menjelaskan, berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, terdapat indikasi fase basah dari aktivitas gelombang atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO). Aktivitas tersebut dapat disertai perlambatan angin, pembentukan pusaran, dan belokan angin di beberapa wilayah di Indonesia.

"Di Aceh, Sumut, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi,  Kalteng, Kaltim, Kaltara, Sulteng, Sulbar, Malut, Maluku, Papua Barat dan Papua. Ini dapat berdampak pada peningkatan kondisi cuaca signifikan di beberapa wilayah di Indonesia," kata Prabowo, dalam keterangan resminya, Jumat (7/6).

Diperkirakan pada periode tanggal 6-10 Juni 2019, potensi terjadi hujan lebat dapat terjadi di beberapa wilayah, yakni: Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, seluruh wilayah Kalimantan, seluruh wilayah Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Selain itu, angin kencang juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah yakni, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku dan Papua.

"Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem tersebut seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang," kata Prabowo menegaskan.