Arus Balik Diprediksi Mulai Hari Ini

Rep: Febrian A/ Red: Dwi Murdaningsih

Jumat 07 Jun 2019 14:24 WIB

Sejumlah kendaraan sedang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju arah timur di KM 14, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (6/6). Ruas Tol Japek diterapkan skema contraflow mulai KM 29 hingga KM 61. Foto: Republika/Febryan.A Sejumlah kendaraan sedang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju arah timur di KM 14, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (6/6). Ruas Tol Japek diterapkan skema contraflow mulai KM 29 hingga KM 61.

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI -- PT Jasa Marga memperkirakan arus balik Lebaran 2019 akan dimulai hari ini, Jumat (7/6). Puluhan ribu kendaraan diprediksi akan kembali ke Jakarta.

"Total perkiraan sebanyaj 62.379 kendaraan akan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama," kata Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti, dalam keterangn tertulisnya, Jumat (7/6).

Baca Juga

Irra menjelaskan, angka prediksi tersebut naik sebasar 278,1 persen dibanding Lalu Lintas Harian rata-rata (LHR) normal yang hanya sebanyak 22.434 kendaraan.

Untuk memastikan arus balik lancar, kata Irra, rekayasa lalu lintas akan diterapkan sesuai diskresi kepolisian pada hari ini dengan memepetimbangkan kondisi di lapangan. "Hari pertama arus balik akan dilakukan one way mulai dari GT Kalikangkung KM 414 hingga KM 70 GT Cikampek Utama," terang dia. 

Berdasarkan pantauan Republika di KM 14 Tol Japek pukul 13.00, arus kendaraan menuju Jakarta atau arus balik sudah mulai terlihat. Jumlah kendaraan menuju Jakarta sedikit lebih banyak dibandingkan jumlah kendaraan menuju Cikampek atau Timur.

Meski demikian, arus lalu lintas masih terpantau lancar untuk kedua jalur. Kendaraan masih bisa melintas dengan kecepatan maksimal dalam tol.

Irra melanjutkan, pihaknya mengimbau pengguna jalan yang akan balik menuju Jakarta dan sekitarnya agar bisa memperkitan waktu keberangkatan. Termasuk memperhatikan terus kondisi terkini lalu lintas serta mempersiapkan rute perjalanan alternatif.

 

Terpopuler