H+1 Lebaran, Masjid Kubah Emas Ramai Pengunjung

Rep: Iit Septiyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra

Kamis 06 Jun 2019 19:50 WIB

Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas, Jawa Barat, banyak dikunjungi masyarakat pada hari ke-2 Idul Fitri, Kamis, (6/6). Foto: Republika/Iit Septyaningsih Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas, Jawa Barat, banyak dikunjungi masyarakat pada hari ke-2 Idul Fitri, Kamis, (6/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki hari kedua Lebaran atau H+1, masyarakat tak hanya mendatangi lokasi wisata umum. Kunjungan juga dilakukan ke masjid-masjid unik dan khas.

Salah satu masjid yang ramai pengunjung saat lebaran yakni Masjid Dian Al Mahri atau dikenal dengan Masjid Kubah Emas. Terletak di kawasan Depok, Jawa Barat, masjid yang selesai dibangun pada 2006 itu memang memiliki daya tarik tersendiri.

photo
Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas, Jawa Barat, banyak dikunjungi masyarakat pada hari ke-2 Idul Fitri, Kamis, (6/6).

Pasalnya tidak hanya memiliki bangunan yang megah, Masjid Dian Al Mahri juga dikelilingi taman sangat luas sekitar 8.000 meter persegi. Dengan begitu masyarakat bisa jalan-jalan atau sekadar mengambil foto di sekitar masjid.

Dari pantauan Republika, sejak pagi masjid Kubah Emas terus didatangi pengunjung. Bahkan semakin sore semakin ramai.

photo
Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas, Jawa Barat, banyak dikunjungi masyarakat pada hari ke-2 Idul Fitri, Kamis, (6/6).

Kebanyakan datang bersama keluarga. Bahkan tak jarang yang membawa anak-anaknya yang masih kecil.

Salah satu pengunjung Depok, bernama Aisyah mengaku datang bersama dua sepupunya. Ia mengatakan, setiap lebaran hampir selalu datang ke Masjid Dian Al Mahri.

"Di sini empatnya enak. Selain bisa lihat bangunan masjid yang bagus, tamannya juga bagus buat foto-foto," kata dia kepada Republika, Kamis, (6/6).

photo
Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas, Jawa Barat, banyak dikunjungi masyarakat pada hari ke-2 Idul Fitri, Kamis, (6/6).

Aisyah menuturkan, setiap Idul Fitri, masjid Kubah Emas dipadati pengunjung. Hanya saja menurutnya, kali ini lebih sepi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Sekitar dua tahun lalu rame banget aku ke sini. Kalau sekarang agak sepian," ujarnya. Ia berharap tahun depan bisa kembali mengunjungi Masjid Dian Al Mahdi bersama keluarga besarnya.

Pengunjung lainnya yakni Laila juga mengaku selalu ke masjid Kubah Emas saat Idul Fitri. "Keluarga saya selalu ngajak ke sini, apalagi kalau hari kedua lebaran," ujarnya saat ditemui di sekitar masjid, Kamis, (6/6).

Baginya, masjid Kubah Emas bisa menjadi tempat wisata alternatif. Alasannya, tidak hanya jalan-jalan tapi bisa merasakan shalat berjamaah di masjid yang beratap seperti awan tersebut.

"Semoga tahun depan bisa kembali dipertemukan sama lebaran. Terus bisa ke sini lagi," kata Laila.

Terpopuler