Ramadhan 1440 H, MASK Gelar 83 Kali Ceramah

Red: Irwan Kelana

Kamis 06 Jun 2019 02:18 WIB

Salah satu edisi Kuliah Ramadhan yang diadakan oleh Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) sebelum pelaksanaan shalat Tarawih. Foto: Dok MASK Salah satu edisi Kuliah Ramadhan yang diadakan oleh Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) sebelum pelaksanaan shalat Tarawih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Menteng, Jakarta, termasuk salah satu masjid yang sangat aktif mengadakan kegiatan ceramah selama Ramadhan 1440 H.

“Secara keseluruhan, selama Ramadhan 1440 H, MASK mengadakan 83 kali ceramah dengan mengundang 60 penceramah,” ungkap Ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), H M Aksa Mahmud melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (4/6).

Ia menyebutkan, Kuliah Ramadhan (sebelum pelaksanaan shalat Tarawih)  30 kali; Ceramah Nuzulul Quran dan  itikaf 12 kali (khusus malam ke-27 Ramadhan, ada 2 kali ceramah); Kuliah Zhuhur 30 kali; Kuliah Shubuh 8 kali; dan Kuliah Dhuha 3 kali. “Semua ini kami lakukan  dalam rangka upaya memberikan bekal dan wawasan keislaman kepada para jamaah MASK, khususnya selama Ramadhan 1440 H,” tuturnya.

Aksa menambahkan, pada Ramadhan 1440 H, MASK  mengadakan Pesantren Ramadhan bagi 200 anak anak binaan Masjid Agung Sunda Kelapa yang tergabung dalam Pembinaan Anak Asuh Sunda Kelapa (PASKA). Lamanya dua minggu. “MASK juga mengadakan  Pesantren Ramadhan bagi Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA),” tuturnya.

MASK  juga mengadakan kegiatan donor darah. Hal itu dilaksanakan bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta.

“Kami  mengucapkan terima kasih kepada seluruh jamaah setia yang telah memilih Masjid Agung Sunda Kelapa untuk melaksanakan berbagai kegiatan ibadah Ramadhan 1440 H. Terima kasih, juga kami sampaikan kepada para donatur yang lembaga maupun perorangan yang telah membantu MASK, khususnya dalam menyediakan makanan untuk berbuka puasa maupun makan  sahur,” paparnya.

 

Terpopuler