Ramadhan Mendidik Muslim Jadi Ibadurrahman

Red: Irwan Kelana

Rabu 05 Jun 2019 23:45 WIB

Ratusan orang menghadiri  shalat Idul Fitri di halaman kantor Kecamatan Lubuk Bagalung, Padang. Foto: Dok BPW Ar Risalah. Ratusan orang menghadiri shalat Idul Fitri di halaman kantor Kecamatan Lubuk Bagalung, Padang.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG – Ramadhan yang baru saja berlalu merupakan bulan tarbiyah (pendidikan) bagi umat Islam. “Ramadhan adalah sarana latihan untuk menjadi Ibadurrahman,” kata Ketua Badan Pengelola Wakaf (BPW)  Ar Risalah, Padang, Ustaz Mulyadi Muslim Lc, MA saat memberikan kuliah Idul Fitri 1440 H di Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat, Rabu (5/6).

Shalat Id yang dilakukan di halaman kantor kecamatan Lubuk Begalung  itu dihadiri oleh ratusan umat Islam Lubuk Begalung. Shalat Idul Fitri 1440 H juga dihairi Camat Lubuk Begalung, Wilman Mukhtar.

Mulyadi menjelaskan, selama satu bulan penuh Ramadhan, setiap Mukmin ditempa untuk menjadi orang yang rendah hati, peduli pada sesama,terbiasa qiyamullail bahkan bergadang untuk berzikir kepada Allah. Selain itu, selalu berdoa terutama di waktu mustajab, merutinkan berinfak, memelihara lisan dari kata kata kotor,  disiplin, jujur dan memakan yang halal.

“Begitulah gambaran umum Ibadurrahman yang dijelaskan Allah lewat firman-Nya yang terdapat dalam Alquran  Surat Al Furqan ayat 63 hingga77,” papar Mulyadi yang juga sekretaris Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Dalam kesempatan tersebut, Mulyadi juga mengajak jamaah untuk mensyukuri nikmat yang ada, terutama nikmat iman dan rasa aman, sehingga bisa maksimal beribadah. 

Ia juga mengajak jamaah  untuk mendoakan umat Islam Palestina yang sedang berjuang melawan kezaliman Zionis. “Sesungguhnya doa adalah senjatanya orang orang beriman,” kata Ustaz Mulyadi Muslim.

 

Terpopuler