Lalu Lintas Tol Semarang-Bawen Padat Lancar

Rep: Farah Noersativa/ Red: Andi Nur Aminah

Rabu 05 Jun 2019 17:23 WIB

Kondisi arus lalu lintas di ruas tol Semarang-Bawen pada Rabu (5/6) sore. Foto: Adinda Pryanka/Republika Kondisi arus lalu lintas di ruas tol Semarang-Bawen pada Rabu (5/6) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Meskipun telah memasuki hari H Idul Fitri 1440 H pada Rabu (5/6) ini, lalu lintas di ruas tol Semarang-Bawen masih terpantau padat namun lancar. Ruas ini masih didominasi kendaraan menuju ke arah Solo yaitu pada lajur A.

Ruas ini memiliki kondisi cukup padat kendaraan. Jarak antarkendaraan hanya berjarak sekitar dua hingga tiga meter. Sementara, kecepatan kendaraan sendiri juga tak bisa lebih optimal lantaran padatnya jarak antarkendaraan.

Baca Juga

Kecepatan yang bisa dioptimalkan adalah sekitar 80 km per jam hingga 100 km per jam. Pengguna jalan diimbau untuk berhati-hati karena banyaknya jalan yang curam.

Sementara, kepadatan juga terlihat di rest area KM 429. Kebanyakan kendaraan berplat B atau wilayah Jakarta memenuhi ruas jalan serta rest area. Donny, salah satu pengunjung rest area KM 429 mengatakan dia bersama dengan teman-temannya sengaja datang ke rest area ini. Sebab, dia ingin menjajal rest area ini karena ini adalah pengalaman pertamanya.

"Dengar-dengar rest area ini memang terkenal, kata anak-anak Semarang, mereka suka menghabiskan waktu sunset di sini," tutur Donny yang hendak berkunjung ke saudaranya di Solo.

Ternyata, kata dia, rest area ini memang menjadi favorit para pengunjung. Hal itu terbukti dari padatnya rest area ini karena bukan menjadi tempat istirahat semata, melainkan juga menjadi tempat bersantai.

"Kalau yang saya lihat sih, begitu. Mereka enggak cuma istirahat, tapi juga sambil nongkrong-nongkrong. Mungkin biar enggak jenuh kali ya," ungkap Donny.

Meskipun rest area ini padat, namun antrean rest area tak sampai memanjang seperti hari-hari sebelum Idul Fitri pada pekan lalu. Aliran antrean saat masuk sampai keluar masih tergolong lancar dan tak mengalami kemacetan.

Terpopuler