Pemudik di Terminal Kampung Rambutan Menurun

Rep: Muhammad Tiarso Baharizqi/ Red: Christiyaningsih

Rabu 05 Jun 2019 16:38 WIB

Suasana pemudik saat mendatangi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (30/5). Foto: Tahta Aidilla/Republika Suasana pemudik saat mendatangi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (30/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari pertama Lebaran pada Rabu (5/6), pemudik di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur mengalami penurunan. Hal ini diutarakan oleh Koordinator Regu di Terminal Kampung Rambutan, Hengky.

Menurut Hengky, kedatangan pemudik di Terminal Kampung Rambutan hari ini menurun dibandingkan dengan hari kemarin atau beberapa hari yang lalu. Pada shift pertama hari ini yang dimulai dari pukul 08.00-14.00 WIB, jumlah pemudik mencapai 2.527 penumpang dengan jumlah kendaraan 100 unit.

Baca Juga

"Sedangkan penumpang yang datang mencapai 861 penumpang dengan 122 bus," katanya kepada Republika, Rabu (5/6).

Hengky mengatakan hari ini kebanyakan pemudik di Terminal Kampung Rambutan berangkat ke Jawa Barat dan sekitarnya. Sedangkan keberangkatan ke luar pulau seperti pulau Sumatera agak menurun.

"Banyak dari mereka yang berangkat ke Jawa Barat dan Banten. Untuk keberangkatan menuju Sumatera hari ini menurun drastis. Bahkan ada beberapa bus yang hanya diisi lima sampai penumpang," ujarnya.

Hengky juga menjelaskan mudik tahun ini di Terminal Kampung Rambutan mengalami  penurunan penumpang. Menurutnya, kondisi itu terjadi akibat adanya banyak program mudik gratis dan banyaknya masyarakat yang memakai kendaraan pribadi.

"Jumlah penumpang tahun ini makin menurun karena banyaknya program mudik gratis. Namun para supir tidak mengeluhkan hal tersebut karena mereka menganggap pelaksanaan mudik tahun ini cukup lancar," terang Hengky. Dia memprediksi arus balik di Terminal Kampung Rambutan akan terjadi pada 9-10 Juni karena sebagian masyarakat sudah mulai masuk kerja.

Terpopuler