BMH Salurkan Berkah Fitrah ke Pelosok Gunungkidul

Red: Irwan Kelana

Rabu 05 Jun 2019 01:09 WIB

Laznas BMH menyalurkan zakat fitrah kepada masyarakat yang tinggal di wilayah Gunung Kidul. Foto: Dok BMH Laznas BMH menyalurkan zakat fitrah kepada masyarakat yang tinggal di wilayah Gunung Kidul.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Lembaga Amil Zakat Nasional  (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Yogyakarta menyalurkan paket Berkah Fitrah untuk warga miskin di pelosok Gunungkidul, Yogyakarta, Ahad (2/6).

Berkah Fitrah adalah istilah zakat fitrah yang diamanahkan kaum muslimin melalui Laznas  BMH. Dalam penyalurannya,  BMH menambahkan beberapa kebutuhan pokok lainnya seperti minyak, gula, teh dan lain-lain.

“Setidaknya lebih dari 200 orang penerima manfaat  program Berkah Fitrah di Gunungkidul,” kata Kepala Divisi Program dan Pendayagunaan BMH Yogyakarta, Syai’in Kodir dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (4/6).

Penyaluran yang melibatkan warga beberapa dusun itu, dilaksanakan di Dusun Mojing, Botodayakan, Rongkop, Gunungkidul. Kepala Dusun Mojing, Musiyar mengungkapkan terima kasihnya kepada laznas BMH. “Saya mewakili warga menyampaikan terima kasih kepada BMH yang telah peduli kepada warga di  sini dengan menyalurkan program Ramadhannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Syai’in Kodir mengungkapkan, dipilihnya wilayah Gunungkidul sebagai salah satu lokasi penyaluran Berkah Fitrah adalah dalam rangka pemerataan distribusi zakat fitrah. “Kami ingin penyaluran Berkah Fitrah dari BMH bisa dirasakan oleh mereka yang benar-benar berhak menerimanya. Pelosok Gunungkidul ini saya kira lokasi yang tepat,” kata Syai’in.

Diakuinya, perjalanan menuju lokasi yang mulai gersang karena sudah lama  tidak disiram hujan itu membutuhkan waktu tiga jam dari Kota Yogyakarta.