96 Persen Lebih Pemudik Telah Menyeberang, Merak Lengang

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Friska Yolanda

Selasa 04 Jun 2019 18:17 WIB

Pemudik tujuan Sumatera membeli tiket kapal di Dermaga Eksekutif Sosoro Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (2/6). Foto: Republika/Prayogi Pemudik tujuan Sumatera membeli tiket kapal di Dermaga Eksekutif Sosoro Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (2/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Humas PT ASDP Indoesia Ferry Mario Sardadi Utomo, menuturkan baghwa pemudik yang menyebrang melalui Pelabuhan Merak telah mencapai 96,4 persen dari total jumlah pemudik pada tahun sebelumnya. Data tersebut merupakan presentase pemudik per 3 Juni pukul 08.00 WIB hingga 4 Juni pukul 08.00 WIB.

Menurutnya, hingga pagi tadi sebanyak 773.786 pemudik telah menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak sejak 29 Mei (H-7) hingga 3 Mei (H-2) Lebaran. "Sudah 96,4 persen saat ini dari jumlah pemudik di tahun kemarin yang berjumlah 802.535 orang," tuturnya, Selasa (4/6).

Baca Juga

Adapun untuk jumlah kendaraan yang sudah menyeberang melalui Merak adalah 73.345 unit sepeda motor, 84.088 unit kendaraan roda empat dan 93.378 unit kendaraan roda enam atau lebih. Pihaknya yakin data ini akan terus bertambah jumlahnya hingga akumulasi akhir data pada hari H lebaran 5 Juni pukul 08.00 WIB.

Karena sebagian besar pemudik telah menyeberang, kondisi pelabuhan Merak telah lengang dan sepi pemudik. Terlihat hanya di waktu pagi hingga siang tadi pemudik yang memasuki Pelabuhan Merak ke berbagai dermaga.

Salah seorang pemudik dengan tujuan Bandar lampung, Sofyan Hadi (42) yang membeli tiket di dermaga VI eksekutif mengaku sengaja melakukan perjalanan di hari ini agar tidak terkena macet dan merasakan kepadatan pemudik di Merak. "Iya, sengaja biar nggak padat di sini, tiap tahun begini sih karena lebih nyaman," ucapnya.

Terpopuler