H-1, Arus Mudik Lintasi Padalarang Didominasi Roda Dua

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Selasa 04 Jun 2019 16:52 WIB

Arus lalu lintas di jalan Padalarang menuju Bandung terpantau lancar Foto: Republika/M Fauzi Ridwan Arus lalu lintas di jalan Padalarang menuju Bandung terpantau lancar

REPUBLIKA.CO.ID, PADALARANG -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat mengungkapkan volume kendaraan selama arus mudik pada H-1 jelang Lebaran 1440 hijriah di jalur Padalarang terus meningkat. Peningkatan terjadi paling banyak pagi hari.

Komandan Regu Posko 1 Dishub KBB, Ricky Maulana mengungkapkan volume kendaraan bertambah signifikan pada pagi hari. Berdasarkan catatan, sejak pukul 08.00 hingga 09.00 Wib, kendaraan roda dua dan empat yang melintas 3250 unit kendaraan.

Sedangkan Senin (3/6) kemarin pada jam yang sama hanya 2.749 unit kendaraan. Dengan didominasi oleh kendaraan roda dua. "Jam-jam sibuk didominasi kendaraan roda dua, jalanan lengang pada siang. Volume kendaraan sendiri bertambah," ujarnya, Selasa (4/6) saat dihubungi. 

Terpisah, Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto mengungkapkan adanya program mudik gratis membuat arus lalu lintas di jalur Padalarang cenderung lengang. Tidak hanya itu, banyak pemudik yang lebih memilih mudik jauh-jauh hari sebelum lebaran. 

Tidak hanya itu, kebijakan menerapkan sistem one way di jalur tol Jakarta-Palimanan berpengaruh terhadap arus kendaraan. Sedangkan pengguna kendaraan di jalur Padalarang didominasi roda dua yang hendak menuju ke arah Timur. 

Dirinya menambahkan, arus mudik di Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat berlangsung ramai lancar. Pihaknya saat ini fokus untuk melakukan pengamanan saat malam takbiran karena banyak warga yang hendak melaksanakan takbiran.

Terpopuler