H-2 Lebaran, Jumlah Penumpang Bandara Minangkabau Turun

Rep: Febrian Fachri/ Red: Hasanul Rizqa

Selasa 04 Jun 2019 15:05 WIB

Petugas bandara memandu pesawat udara setelah mendarati di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Kamis (24/1/2019). Foto: Antara/Iggoy el Fitra Petugas bandara memandu pesawat udara setelah mendarati di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Kamis (24/1/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pihak Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Sumatra Barat, menjelaskan angka penurunan jumlah penumpang di bandara tersebut pada H-2 Lebaran tahun ini.

Menurut Fendrick Sondra selaku humas setempat, pada Senin (3/6) lalu tercatat jumlah penumpang yang melalui bandara ini hanya 8.384 orang. Mereka termasuk yang datang maupun berangkat via BIM. Adapun jumlah pesawat yang ditumpangi ialah 79 unit.

Baca Juga

"Untuk penerbangan domestik total pesawat yang terbang dan mendarat di BIM sebanyak 73 unit. (Sebanyak) 36 pesawat mendarat, dan 37 pesawat berangkat. Penumpang domestik melalui pintu kedatangan sebanyak 5.626 orang. Penumpang domestik melalui pintu keberangkatan sebanyak 2.011 orang," papar Humas PT Angkasa Pura II BIM Fendrick Sondra, Selasa (4/6).

Jumlah penerbangan intenasional yang mendarat dan bertolak melalui BIM sebanyak enam unit pesawat. Itu terdiri atas tiga pesawat yang mendarat, sedangkan tiga unit pesawat lainnya lepas landas.

Penumpang internasional yang datang ke BIM pada Senin lalu sebanyak 521 orang. Adapun jumlah penumpang internasional yang berangkat dari BIM sebanyak 226 orang.

"Pada H-2 kemarin tidak ada satupun pesawat extra flight," ujar dia.

Bila dibandingkan dengan H-2 Idul Fitri pada tahun lalu, kali ini jumlah pesawat yang mendarat dan bertolak dari BIM berkurang cukup signifikan atau sebesar 18,56 persen. Sementara itu, jumlah penumpang di komparasi yang sama menurun sebesar 42,63 persen.

Terpopuler