Saudi Shalat Id Hari Ini, Suriah Tetap Besok

Red: Teguh Firmansyah

Selasa 04 Jun 2019 15:43 WIB

Hilal atau bulan muda (ilustrasi) Foto: viajeislam.wordpress.com Hilal atau bulan muda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Hakim agama tertinggi di Damaskus, Mahmoud Ma'arawi, pada Senin (3/6) mengumumkan bahwa Rabu, 5 Juni 2019, adalah hari pertama Idul Fitri di Suriah. Penetapan tersebut berdasarkan dari pemantauan tim rukyatul hilal.

"Hilal awal Syawal tidak terlihat pada Senin, jadi hari pertama Syawal jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019, yang bertepatan dengan hari pertama Idul Fitri di Suriah," kata hakim tersebut, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Suriah, SANA, Selasa.

Baca Juga

Sementara itu, berdasarkan sejumlah saksi dewasa yang mengkonfirmasi telah melihat hilal, Pengadilan Agama Tertinggi di Kerajaan Arab Saudi mengumumkan, Selasa (4/6) adalah hari pertama Syawal atau Idul Fitri 1440 H.

Pengadilan Tertinggi tersebut mengucapkan selamat kepada Pelayan Dua Masjid Suci, Putra Mahkota, pemerintah dan rakyat Kerajaan Arab Saudi, umat Muslim yang tinggal di negeri itu, serta seluruh Muslim di dunia dengan datangnya Idul Fitri.

Secara terpisah Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OIC) Dr. Yousef bin Ahmed Al-Othaimeen, menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada Negara Anggota, dan memohon Allah melimpahkan rahmat dan berkahnya untuk umat Muslim di seluruh dunia.

Terpopuler