Jokowi Pertimbangkan Shalat Id di Masjid Kampung

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Teguh Firmansyah

Selasa 04 Jun 2019 12:24 WIB

Presiden Joko Widodo Foto: Republika/Wihdan Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan lokasi shalat id yang akan dihadirinya pada Idul Fitri, Rabu (5/6) besok. Meski begitu berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi mempertimbangkan untuk menghadiri shalat Idul Fitri di lapangan atau masjid kampung berskala kecil di Jakarta.

Pilihan Presiden tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, saat Presiden memilih lokasi populer untuk shalat Id. Pada 2015 lalu, Jokowi memilih menghadiri shalat id di Masjid Baiturrahman, Aceh. Pada 2016, giliran Jokowi menyambangi Masjid Raya Sumatra Barat di Kota Padang. Pada 2017, Jokowi melaksanakan shalat id di Masjid Istiqlal, Jakarta. Adapun pada 2018 lalu, presiden memilih menghadiri shalat Id di Kebun Raya Bogor.

Baca Juga

"Belum tahu (shalat di mana). Tapi mungkin di masjid kecil, masjid kampung," ujar Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, Selasa (5/6).

Heru menyebutkan, Masjid Istiqlal bukan menjadi pilihan prioritas lokasi shalat id presiden di tahun 2019 ini. Ia mengatakan bahwa keputusan final lokasi shalat id presiden akan disampaikan Selasa (4/6) malam ini.

Sebelumnya Presiden Jokowi sempat menyebutkan bahwa akan berlebaran di Jakarta esok hari. Jokowi akan mengadakan open house atau gelar griya di kompleks Istana Negara seusai menjalankan shalat id. Setelah prosesi gelar griya selesai, Jokowi dijadwalkan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.