Pemudik Lewat Laut di Lombok Meningkat Hingga 40 Persen

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Israr Itah

Senin 03 Jun 2019 22:40 WIB

Komjen Pol Condro Kirono. Foto: Republika/Bowo Pribadi Komjen Pol Condro Kirono.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK BARAT -- -- Kepala Badan Pemelihara Keamanan Mabes Polri Komjen Pol Condro Kirono mengatakan, jumlah pemudik pengguna jalur laut melalui Pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mengalami kenaikan hingga 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Condro menilai tingginya harga tiket pesawat saat ini menjadi salah satu penyebabnya.

"Di Surabaya sendiri saya cek ada kenaikan sekitar 40 persen dibandingkan tahun lalu, jadi kecenderungannya tahun ini banyak yang menggunakan angkutan kapal laut. Penyebabnya dikarenakan tingginya harga tiket, ditambah lagi pemudik biasanya kalau lebaran banyak bawa barang bawaan untuk oleh-oleh," ujar Condro didampingi Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid saat sidak di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Senin (3/6).

Menurut mantan Kapolda Jawa Tengah ini, saat ini arus pemudik sudah berangsur berkurang. Puncak arus pemudik sendiri cukup ramai terjadi pada 31 Mei hingga 1 Juni kemarin.

"Evaluasi arus mudik pada H-1 tahun ini di semua wilayah terpantau lancar. Kemungkinan nanti pada hari H-nya akan kembali terjadi peningkatan, khususnya yang akan bersilaturahim ke sanak saudara," kata Condro.

Terpopuler