Lanal Banten Gelar Patkamla Selat Sunda

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil

Senin 03 Jun 2019 22:05 WIB

Pejabat Sementara (PJs) Perwira Staff Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Banten Lettu laut Danius A. Sowong. Setelah melakukan Patkamla di Selat Sunda. Ahad, (2/6). Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar Pejabat Sementara (PJs) Perwira Staff Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Banten Lettu laut Danius A. Sowong. Setelah melakukan Patkamla di Selat Sunda. Ahad, (2/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON--Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) TNI AL Banten melakukan Patroli Keamanan Laut (Patkamla) di Selat Sunda selama libur lebaran 2019. Kegiatan ini dilakukan untuk memonitor situasi laut di sekitar Pelabuhan dan menjaga pemudik yang menyeberang ke Sumatera.

"Patroli ini untuk monitor situasi dan menjaga keamanan para pemudik yang dilakukan setiap hari sampai radius sekitar 1 Mill dari pelabuhan Merak," ucap Pejabat Sementara (PJs) Perwira Staff Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Banten Lettu laut Danius A. Sowong. Ahad, (2/6).

Selain menjaga keamanan saat arus mudik dan balik, Patroli ini ditujukan untuk mengamankan objek vital nasional yang berada di pesisir Banten seperti PLTU Suralaya, Krakatau Bandar Samudra hingga kantor Pertamina Gerem.

Patkamla ini menurutnya telah dilakukan sejak H-7 lalu dan baru akan berakhir pada H+7 nanti, dengan sekali patroli dalam sehari menggunakan kapal.

Selama patroli hingga hari ini, Danius menutrukan belum menemukan gangguan keamanan berarti dan mengharapkan kedepannya juga terus kondusif.

"Kita siaga setiap hari, jadi patroli bisa siang juga malam. Kita juga tidak sendiri, kita selalu berkoordinasi dengan stakeholder di kemaritiman," ucapnya. 

Terpopuler