Bebaskan Jenuh Anak Saat Mudik di Rumah Pertamina Siaga

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Dwi Murdaningsih

Senin 03 Jun 2019 21:20 WIB

Mini Play Ground Pertamina di Rumah Siaga Pertamina. Foto: Republika TV Mini Play Ground Pertamina di Rumah Siaga Pertamina.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Selama mudik dan arus balik, Pertamina menyediakan solusi bagi pemudik keluarga yang kerap merasa bingung untuk mengatasi rasa jenuh pada anak. Melalui Rumah Pertamina Siaga, Pertamina menyediakan berbagai fasilitas permainan anak. Dari menggambar, mewarnai hingga miniatur lalu lintas.

Fasilitas ini dapat ditemui di Rumah Pertamina Siaga yang  di 15 titik rest area selama arus mudik dan balik Lebaran 2019. Seluruhnya tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera yang akan beroperasi secara bertahap mulai 27 Mei hingga 10 Juni.

Baca Juga

Salah satu fasilitas bermain anak Rumah Pertamina Siaga dapat dijumpai pemudik di Rest Area KM 102 Tol Cikampek-Palimanan (Cipali). Peralatan bermain penuh warna di sudut ruangan langsung menarik perhatian. Di sana, anak-anak dapat menghabiskan waktu bermain, sementara kedua orang tuanya beristirahat sejenak. 

Person in Charge (PIC) Rumah Pertamina Siaga Cipali KM 102, Sari Effendy mengatakan, fasilitas anak di Rumah Pertamina Siaga terus mengalami peningkatan setiap tahun. Hal ini dilakukan berdasar evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya. "Kami selalu cek, apa yang kurang dan harus diperbaiki," katanya ketika ditemui Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya fasilitas, Sari mengatakan, pihaknya juga kerap mengadakan berbagai kegiatan untuk anak. Di antaranya, menggunting dan menempel hingga membuat kerajinan tangan seperti gelang dari manik-manik. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada siang hari, saat para pemudik ingin beristirahat sejenak.

photo
Suasana di Rumah Pertamina Siaga Cipali KM 102A.

Sari menjelaskan, rangkaian kegiatan tersebut seiring dengan prinsip Rumah Pertamina Siaga yang ingin memberikan istirahat berkualitas pada para pemudik. "Sementara ibu dan bapaknya bisa rebahan atau pijat, anak dapat bermain di sini," kata dia.

Rumah Pertamina Siaga sendiri merupakan tempat Pertamina melayani seluruh anggota keluarga yang telah menjalankan perjalanan jauh. Selain taman bermain anak, ruangan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti alat pijat, tempat shalat, ruang menyusui, hingga tempat pengisian baterai (charging station).

Pemudik tidak perlu mendaftar ataupun membayar untuk menggunakan fasilitas Rumah Pertamina Siaga. Pemudik cukup menuliskan nama di daftar pengunjung yang tersedia di dekat pintu masuk ruangan. Setelahnya, mereka dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia.

Terpopuler