H-3 Lebaran, Jumlah Pemudik Melalui Merak Terus Meningkat

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Friska Yolanda

Senin 03 Jun 2019 16:25 WIB

Pemudik tujuan Sumatera menuggu kedatangan kapal di Dermaga Eksekutif Sosoro Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (2/6). Foto: Republika/Prayogi Pemudik tujuan Sumatera menuggu kedatangan kapal di Dermaga Eksekutif Sosoro Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (2/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Data pemudik melalui Pelabuhan penyebrangan Merak hingga 2 Juni (H-3) terus mengalami kenaikan di semua katagori. Kenaikan ini diklaim oleh pengelola Pelabuhan Merak sesuai dengan prediksi jumlah kenaikan pemudik sebesar 15 persen di jauh hari.

"Pemudik dari H-7 dampai H-3 itu naik di semua katagori. Jadi agregat jumlah kenaikan pemudik yang kita prediksi akan naik 15 persen di tahun ini sampai Lebaran nanti itu terjadi," ucap Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry, Yusuf Hadi, Senin, (3/6).

Baca Juga

Pada katagori penumpang misalnya, tercatat sudah terjadi kenaikan per H-3 sebesar 14 persen atau sebanyak 682.446 penumpang kapal pada 2019 dari jumlah di tahun sebelumnya sebesar 598.682 penumpang. Begitu juga di katagori kendaraan roda dua yang telah naik sebesar 13,2 persen atau sebanyak 64.263 unit motor dari jumlah pada tahun sebelumnya sebanyak 56.768 unit.

Adapun jumlah kenaikan yang signifikan terjadi pada katagori kendaraan roda empat atau lebih. Hingga H-3, jumlahnya telah melebihi prediksi kenaikan dengan total presentase sebesar 16,9 persen atau sebanyak 83.209 unit yang menyeberang dari Pelabuhan Merak. Tahun sebelumnya, jumlah kendaraan roda empat hanya 72.723 unit.

"Jumlah per H-3 kemarin itu sudah sekitar 600 ribu total semuanya, kalau dibandingkan total pemudik tahun kemarin yang berjumlah 800 ribu," katanya.

Dirinya meyakini jumlah pemudik akan terus bertambah dan melebihi jumlah total pemudik pada tahun lalu. "Tinggal sedikit lagi selisihnya, saya yakin di beberapa hari sisa ini akan melebihi jumlah tahun kemarin," jelasnya. 

Terpopuler