Dukung Arus Mudik, Tol Cijago Seksi II Siap Beroperasi

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda

Senin 03 Jun 2019 07:14 WIB

Persiapan ujicoba Jalan Tol Cijago Seksi II Cisalak-Kukusan, Minggu (2/6). Rencananya, Senin (3/6) akan diberlakukan uji coba operasi fungsional gartis. Diharapkan dengan beroperasinya Jalan Tol Cijago II dapat mengurangi beban kemacetan di Jalan Margonda dan Jalan Juanda. Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah Persiapan ujicoba Jalan Tol Cijago Seksi II Cisalak-Kukusan, Minggu (2/6). Rencananya, Senin (3/6) akan diberlakukan uji coba operasi fungsional gartis. Diharapkan dengan beroperasinya Jalan Tol Cijago II dapat mengurangi beban kemacetan di Jalan Margonda dan Jalan Juanda.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi II, Jalan Raya Bogor (Cisalak)-Kukusan akan dioperasikan uji coba secara fungsional gratis pada Senin (3/6). Tol digratiskan dan uji coba akan diberlakukan selama arus mudik dan arus balik lebaran.

"(Pengoperasian tol ini) diharapkan dapat mengurangi kemacetan di ruas Jalan Margonda dan Jalan Juanda," ujar Direktur PT Translingkar Kita Jaya selaku pengelola Jalan Tol Cijago, Hilman Muchsin, di Depok, Ahad (2/6) lalu.

Baca Juga

Menurut Hilman, pengoperasian jalan tol fungsional itu dilaksanakan selama tujuh hari mulai H-2 hingga H+4 Lebaran atau pada 3 Juni hingga 10 Juni 2019.

"Kami telah mendapat persetujuan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk pengoperasian fungsional selama tujuh hari mulai Senin 3 Juni 2019 pukul 14.00 WIB hingga 10 Juni 2019 pukul 14.00 WIB," tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga sudah mendapat izin dari Satlantas Polresta Depok. Pihak Satlantas Polres Depok juga akan membantu kelancaran lalulintas di pintu masuk maupun pintu keluar Jalan Tol Cijago Seksi II. "Pembayaran Rp 4.500 hanya diberlakukan jika melanjutkan perjalanan ke arah Jalan Tol Cijago Seksi I dan juga dari arah sebaliknya," terang Hilman.

Hilman menjelaskan, kendaraan dari arah Jagorawi menuju Margonda dan Kukusan, transaksi dilakukan di Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay) yaitu di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2, dan GT Kukusan 2. Untuk arah sebaliknya yakni dari Kukusan dan Margonda menuju ke Jagorawi, transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay) yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, GT Cisalak 1, dan GT Cisalak 3.

"Sementara GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3 yang melayani kendaraan dari arah Jalan Raya Bogor ke Kukusan dan Margonda tidak difungsikan. Selain itu, terdapat dua GT lain yang juga tidak difungsikan yakni di GT Margonda 1 (off ramp) dan GT Cisalak 3 (off ramp)," jelas Hilman.

Diutarakan Hilman, pihaknya juga telah menyiapkan kelengkapan jalan tol termasuk pemasangan marka, rambu, reflektor, serta petugas di lapangan selama pengoperasian uji coba fungsional. "Secara keseluruhan Jalan Tol Cijago Seksi II Jalan Raya Bogor-Kukusan siap digunakan," tegasnya.

photo
Persiapan ujicoba Jalan Tol Cijago Seksi II Cisalak-Kukusan, Minggu (2/6). Rencananya, Senin (3/6) akan diberlakukan uji coba operasi fungsional gartis. Diharapkan dengan beroperasinya Jalan Tol Cijago II dapat mengurangi beban kemacetan di Jalan Margonda dan Jalan Juanda.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, menegaskan Jalan Tol Cijago Seksi II Jalan Raya Bogor-Kukusan sudah bisa difungsikan. Secara struktur sudah selesai dan tim pra layak fungsi pun sudah mengecek dan layak difungsikan.

"Namun, kami sudah kasih beberapa catatan minor yang perlu diselesaikan, seperti penambahan panjang guardrail pengaman tiang penerangan jalan umum (PJU)," ungkapnya.

Pihaknya, lanjut Danang, meminta pihak pengelola tol untuk berkoordinasi dengan Satlantas Polres Depok. "Atas dasar mengurai kemacetan, kami minta berkoordiansi dengan Satlantas Polres Depok sebagai penanggung jawab pengaturan lalu lintas," tegasnya.

Kapolres Depok, Kombes Pol Didik Sugiarto membenarkan telah mendapat surat permohonan permintaan koordinasi untuk membantu kelancaran lalu lintas. "Ya, kami sudah mendapat permohonan ijin pengoperasian fugnsional Jalan Tol Cijago Seksi II. Mereka sudah berkoordinasi dengan kami," ujarnya.

Terpopuler