10.730 Pemudik Melewati Bandara Minangkabau

Rep: Febrian Fachri / Red: Hasanul Rizqa

Ahad 02 Jun 2019 21:11 WIB

Pemudik mulai padati Bandara Internasional Minangkabau, Kamis (30/5). Foto: Republika/Febrian Fachri Pemudik mulai padati Bandara Internasional Minangkabau, Kamis (30/5).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Jumlah pemudik yang melewati Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatra Barat, diketahui terus bertambah. Menurut Humas PT Angkasa Pura II di sana, Fendrick Sondra, total mereka hingga H-4 Lebaran tahun ini mencapai 10.730 orang.

"Total pesawat udara domestik dan internasional yang pergi dan mendarat di BIM (Bandara Internasional Minangkabau) ada sebanyak 88 unit. Total penumpang ada 10.730 orang," kata Fendrick Sondra, Ahad (2/6).

Baca Juga

Dia menjelaskan, hingga kemarin terdapat sebanyak 42 pesawat kedatangan dan 40 pesawat yang berangkat dari bandara tersebut. Seluruhnya menjangkau penerbangan domestik. Penumpang yang masuk melalui pintu kedatangan domestik Bandara Internasional Minangkabau sebanyak 6.864 orang. Untuk keberangkatan domestik,ada sebanyak 3.032 orang.

Sementara itu, ada enam pesawat yang singgah di bandara ini melayani rute internasional dalam masa mudik hingga kemarin. Masing-masing adalah tiga pesawat datang dan tiga pesawat bertolak dari Bandara Internasional Minangkabau.

Jumlah penumpang keberangkatan untuk penerbangan internasional ialah 309 orang. Adapun yang datang dengan penerbangan internasional sebanyak 525 orang.

"Dari 88 pesawat domestik dan internasional yang keluar masuk BIM hanya ada tiga pesawat extra flight. Jumlah extra flight ini menurun cukup banyak dibandingkan H-4 tahun 2018 lalu yakni 13 pesawat," ujar Fendrick.

Dia memaparkan, secara keseluruhan untuk H-4 Lebaran tahun ini jumlah pesawat mengalami penurunan sebanyak 9,28 persen. Sementara, jumlah penurunan penumpang pesawat mencapai 27,81 persen.

Terpopuler