BNN Sukabumi Giatkan Tes Urine Sopir Angkutan Mudik

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ahad 02 Jun 2019 10:29 WIB

Petugas melakukan pemeriksaan urine supir bus (ilustrasi) Foto: Antara/Irfan Anshori Petugas melakukan pemeriksaan urine supir bus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI-- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi gencar melakukan tes urine bagi Para sopir bus yang melayani angkutan mudik lebaran. Hal ini untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik ketika menggunakan bus hingga tiba dengan selamat di kampung halamannya.

Upaya tes urine para sopir ini mulai dilakukan  pada Sabtu (2/6). Di mana sebanyak 51 orang awak armada angkutan bus yang melayani angkutan mudik gratis menjalani uji creening deteksi narkoba atau tes urine.

"Kegiatan ini demi keselamatan dan kelancaran serta bersih narkoba pada arus mudik Idul Fitri 1440 Hijriah," ujar Kepala BNNK Sukabumi AKBP Deni Yus Danial kepada wartawan. Upaya tersebut dilakukan di halaman kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi.

Pemeriksaan ini kata Yus Danial melibatkan petugas BNNK Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, dan Dishub Sukabumi. Ia berharap kegiatan ini mampu secara bersama-sama mengantisipasi segala hal demi kelancaran para pemudik yang akan menuju keluar Kota Sukabumi.

"Hasil tes urine menunjukkan tidak ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan narkoba," cetus Yus Danial. Ke depan, diharapkan momentum arus mudik maupun arus balik lebaran2019 Bersinar atau Bersih dari Narkoba.

Yus Danial menuturkan, upaya pemerisaan atau tes urine para sopir bus angkutan mudik lebaran sebelumnya juga dilakukan di Terminal Sukabumi. Pada waktu itu pun tidak ditemukan adanya awak armada bus yang positif menggunakan narkoba.