Anggota Pramuka Bantu Tertibkan Stasiun Gambir

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 31 May 2019 23:53 WIB

Dua anggota Pramuka memberikan arahan kepada pemudik Kereta Api di Stasiun Gambir, Jakarta (ilustrasi) Foto: Antara Dua anggota Pramuka memberikan arahan kepada pemudik Kereta Api di Stasiun Gambir, Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Demi menjaga ketertiban di Stasiun Gambir, Jakarta, anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Jakarta Pusat turut membantu di sana. Seperti diketahui, setiap jelang Idul Fitri, kepadatan pemudik di stasiun tidak bisa dihindari sehingga berpotensi ricuh.

Salah satu anggota Kwarcab Jakarta Pusat Anita Fitriani mengatakan, ia ditugaskan mengarahkan penumpang di dekat eskalator lantai 1 Stasiun Gambir. Sesekali, dia juga membantu membawakan tas penumpang.

Baca Juga

“Pas naik eskalator kadang ada yang jatuh soalnya bawannya berat kan. Jadi kadang bantuin bawa barang,” kata Anita saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/5).

Ia menuturkan, tidak ada persiapan maupun pelatihan khusus yang dilakukan para anggota pramuka tersebut. Pasalnya bila ada pemudik yang bertanya, mereka langsung arahkan ke customer service.  “Sebelumnya memang sudah dikasih tahu tugas-tugasnya. Jadi sudah paham, baru tahu kalau bingung tanya CS,” kata dia.

Walaupun ada anak-anak pramuka tersebut, para petugas dari PT KAI dan petugas Stasiun Gambir juga sigap membantu para pemudik. Misalnya saat eskalator yang sedang berjalan tiba-tiba saja mati, petugas langsung menolong para penumpang.

Sebagai informasi, anggota Kwarcab Jakarta Pusat akan bertugas setiap hari di Stasiun Gambir dan Stasiun Senen Setiap hari. Mulai dari 30 Mei hingga 4 Juni 2019.

Masing-masing stasiun ada 10 anggota pramuka yang diturunkan. Ada yang bertugas membantu penumpang di bagian tempat cetak tiket keberangkatan, membantu mengarahkan penumpang di dekat eskalator ataupun di jalur keberangkatan kereta api. 

Terpopuler