BPBD Ciamis Sediakan Flying Fox di Posko Mudik

Rep: Bayu Adji P/ Red: Dwi Murdaningsih

Jumat 31 May 2019 22:16 WIB

BPBD Kabupaten Ciamis menyediakan wahana flying fox bagi para pemudik yang masih anak-anak di Alun-alun Ciamis, Jumat (31/5). Posko didirikan oleh BPBD itu akan berfungsi selama H-7 hingga H+7 Lebaran 2019. Foto: Republika/Bayu Adji P BPBD Kabupaten Ciamis menyediakan wahana flying fox bagi para pemudik yang masih anak-anak di Alun-alun Ciamis, Jumat (31/5). Posko didirikan oleh BPBD itu akan berfungsi selama H-7 hingga H+7 Lebaran 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis tak hanya menggelar tenda untuk para pemudik beristirahat di Posko Kesiapsiagaan Mudik Lebaran 2019, Alun-alun Ciamis. BPBD juga menyediakan sarana bermain bagi anak-anak yang ikut melakukan mudik ke kampung halamannya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani mengatakan, pihaknya memang sengaja mendirikan posko mudik dengan tema ramah anak di Alun-alun Ciamis. Salah satu wahana anak yang menjadi perhatian adalah flying fox yang membentang di Alun-alun sepanjang 10 meter, dengan ketinggian sekitar 4 meter.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, permainan yang disediakan bagi para pemudik anak itu mulai beroperasi pada sekitar pukul 16.30 WIB, Jumat (31/5). Beberapa anak yang berkumpul di alun-alun pun mengantre untuk mencoba wahana yang disediakan secara gratis itu.

"Posko ini sudah kita buka dari H-7 dan akan disiagakan sampai H+7," ujar Ani Supiani, Jumat (31/5).

Menurut dia, wahana itu sengaja kami sediakan bagi para pemudik yang singgah istirahat di Alun-alun Ciamis. Namun, alih-alih banyak pemudik yang datang, wahana itu justru banyak dinikmati oleh anak-anak warga sekitar yang sedang menunggu waktu buka atau ngabuburit di alun-alun. Pasalnya, tak terlihat satu pemudik pun yang mampir di posko tersebut pada Jumat (31/5) sore.

Padahal, layanan di posko mudik itu terbilang cukup lengkap. Mulai dari tempat istirahat berupa tenda besar yang dialasi matras tebal, tenda pemeriksaan kesehatan, hingga pos polisi. Selain itu, untuk hiburan anak disediakan pula permainan ular tangga, boneka, bola, monopoli, dan lain sebagainya.

"Jadi di sini pemudik bisa beristirahat menghilangkan capek setelah perjalanan jauh. Sementara anak-anak bisa mendapat fasilitas bermain, rekreasi di tengah mudik. Intinya kita ingin pemudik nyaman," kata dia.

Bahkan, ia menambahkan, BPBD Ciamis juga menyediakan layanan pijat gratis. Pasalnya, para petugas BPBD yang berjaga di Posko umumnya memiliki keahlian memijat.

Ia mengatakan, dalam mudik Lebaran 2019, BPBD Ciamis menyiapkan tim 30 anggora Pusdalops dan 20 pegawai BPBD yang berjaga di Posko secara bergantian selama 24 jam. "Kami siap bersinergi dengan TNI/Polri dalam melakukan tanggap darurat dan penyelamatan, termasuk rescue di jalan ketika terjadi kecelakaan," kata dia.

Terpopuler