Cara Pertamina Penuhi Pasokan BBM Saat One Way

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 31 May 2019 20:26 WIB

Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid (kedua kanan) bersama Anggota Komite BPH Migas Saryono (kiri) mencoba mengendarai motor pelayanan SPBU motorist saat melakukan peninjauan di SPBU Rest Area KM 57, Karawang, Jawa Barat Foto: Antara/M Ibnu Chazar Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid (kedua kanan) bersama Anggota Komite BPH Migas Saryono (kiri) mencoba mengendarai motor pelayanan SPBU motorist saat melakukan peninjauan di SPBU Rest Area KM 57, Karawang, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II telah mengantisipasi ketersediaan BBM, baik di sisi kiri maupun kanan jalan tol selama arus mudik. Khususnya saat pemberlakuan skema one way atau satu arah selama arus mudik Lebaran 2019 yang dimulai dari jalan tol Cikampek di Km 70 sampai dengan Brebes di Km 263.

Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah fasilitas tambahan untuk penyediaan BBM di lajur kiri maupun kanan. "Tujuannya, guna memudahkan pemudik," ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (31/5).

Baca Juga

Sebelumnya, Pertamina MOR III telah menambah pasokan gasoline seiring dengan peningkatan kebutuhan akan produk gasoline yang naik 10 persen selama masa Satgas Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini. Sedangkan, untuk produk gas oil mengalami penurunan permintaan sebanyak 9 persen.

 

Selain SPBU reguler yang sudah ada, sejumlah outlet BBM seperti Kios Pertamina Siaga, SPBU modular dan mobile storage telah berada di sejumlah titik jalur one way. Kios Kemasan Pertamina Siaga berada di delapan titik. Untuk jalur kiri (menuju Semarang), fasilitas ini terletak di rest area Km 86A, Km 102A, Km 130A dan Km 207. Sementara itu, pada jalur kanan (menuju Jakarta), ada di parking bay Km 71B, rest area Km 86B, Km 130B, dan Km 208B.

Di Kios Kemasan Pertamina Siaga tersebut juga sudah disiagakan Motor Kemasan Pertamina Siaga. SPBU modular atau SPBU Mini portable disiagakan di lima titik. Pada jalur kiri, berada di rest area Km 86A, Km 130A dan Km 207A. Sedangkan, jalur kanan terletak di rest area Km 86B serta Km 130B.

Fasilitas lainnya adalah mobile storage atau SPBU kantong. Fasilitas ini berupa mobil tangki pengangkut BBM yang disiagakan langsung di SPBU untuk mengantisipasi kemacetan. Untuk Tol Cipali, akan disiagakan tujuh mobile storage di SPBU yang berada di jalur guna mengamankan suplai BBM.

Dewi mengimbau masyarakat untuk memenuhi tangki BBM (fulltank) kendaraannya sejak berangkat. Apabila menemukan SPBU, pemudik juga bisa memenuhi lagi tangki BBM-nya.

"Tidak perlu menunggu setengah kosong, jika ada SPBU kami berharap masyarakat langsung mengisi kembali tangki BBM-nya supaya pemudik aman dan nyaman dalam perjalanan," kata Dewi.

Terpopuler