129.306 Kendaraan Telah Melewati GT Cikampek Utama

Rep: Fuji E Permana/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 31 May 2019 17:56 WIB

Ratusan kendaraan dari arah Jakarta antre memasuki Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Korlantas Polri memberlakukan kebijakan satu jalur (one way) untuk kendaraan dari Jakarta menuju arah Jawa Tengah yang dimulai dari Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat hingga Km 263 ruas Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah. Foto: Antara Ratusan kendaraan dari arah Jakarta antre memasuki Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Korlantas Polri memberlakukan kebijakan satu jalur (one way) untuk kendaraan dari Jakarta menuju arah Jawa Tengah yang dimulai dari Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat hingga Km 263 ruas Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pada 29 dan 30 Mei 2019, Jasa Marga menyampaikan sebanyak 129.306 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta - Cikampek. Jumlah kendaraan yang memasuki GT Cikampek Utama selama dua hari tersebut naik sebesar 175,31 persen dari hari-hari biasa.

Corporate Communications Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti mengatakan, kendaraan yang melintasi GT Cikampek Utama dari Jakarta rata-rata sebanyak 23.484 kendaraan setiap harinya. Pada Kamis (30/5), Jasa Marga mencatat ada 71.901 kendaraan yang melintas GT Cikampek Utama dari arah Jakarta ke Cikampek.

Baca Juga

"Jasa Marga juga memprediksi peningkatan lalu lintas mudik masih akan terjadi pada hari ini (Jumat) dengan prediksi 76.928 kendaraan yang melintasi GT Cikampek Utama menuju Cikampek," kata Irra kepada Republika.co.id, Jumat (31/5).

Ia menyampaikan, untuk melayani para pemudik, Jasa Marga Cabang Jakarta - Cikampek selaku operator Jalan Tol Jakarta - Cikampek bekerjasama dengan Kepolisian melakukan pengaturan lalu lintas. Pemberlakuan kombinasi rekayasa lalu lintas one way (satu arah) dan contra flow berhasil mencairkan kepadatan kendaraan.

Jasa Marga juga mengoperasikan jumlah maksimal gardu operasi di GT Cikampek Utama sebanyak 28 gardu. Selain itu Jasa Marga menambah jumlah petugas di lapangan untuk membantu mengarahkan pengguna jalan terutama sebelum titik rekayasa lalu lintas.

"Jasa Marga dan Kepolisian juga melakukan sejumlah pengaturan rest area. Seperti buka tutup rest area yang berpotensi menimbulkan kepadatan di lajur, termasuk menindak tegas pengguna jalan yang berhenti di luar rest area atau bahu jalan untuk beristirahat," jelasnya.

Irra mengimbau kepada pengguna jalan tol yang menggunakan jalur one way agar terus memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima. Jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik.

Untuk monitor kondisi lalulintas di jalan tol selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2019. Masyarakat dapat mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

 

Terpopuler