Jalur Mudik Selatan di Malangbong-Gentong Minim Penerangan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Teguh Firmansyah

Kamis 30 May 2019 22:29 WIB

Kondisi jalan di jalur mudik selatan di Gentong, Tasikmalaya, Kamis (30/5). Penerarangan jalan di jalur yang banyak tikungan itu sangat minim. Foto: Umar Mukhtar Kondisi jalan di jalur mudik selatan di Gentong, Tasikmalaya, Kamis (30/5). Penerarangan jalan di jalur yang banyak tikungan itu sangat minim.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Jalur mudik selatan di daerah Malangbong hingga Gentong minim lampu penerangan jalan. Di sebagian ruas jalan di Malangbong misalnya, terpantau tidak ada tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Di sebagian ruas jalan terdapat tiang PJU tapi lampunya mati.

Selain kondisi jalan yang gelap, permukaan aspal jalan bergelombang sehingga cukup membahayakan pemudik terutama yang menggunakan sepeda motor. Penerangan jalan terbantu dengan adanya cahaya lampu dari warung di pinggir jalan dan rumah warga.

Baca Juga

Setelah melintasi ruas jalan di Malangbong dari arah Bandung, pengguna jalan akan melewati daerah Gentong. Kondisi jalan menurun curam dengan tikungan yang berkelok tajam dan gelap.

Dari pantauan Republika.co.id, lampu penerangan jalan masih minim bahkan tidak ada meski turunan Gentong sudah terlewati. Para pemudik dari arah Bandung yang melintasi Gentong perlu waspada saat menuruni jalan ini.

Terpantau pula bahu jalan di Gentong ini yang retak tanda rawan longsor. Ada plang tepat di dekat bahu jalan, bertuliskan "rawan longsor".

Salah seorang warga setempat yang bermukim di kampung Gentong, mengatakan sudah beberapa kali ada pengajuan dari masyarakat kepada pemrintah agar dipasang lampu PJU. Namun hingga kini belum terealisasi. Area tanjakan Gentong pun masih gelap. "Padahal sudah diajukan agar dipasang lampu tapi ya gitu," kata warga tersebut.

Selain gelapnya jalan, pemudik juga harus waspada karena yang melintasi Gentong adalah bus angkutan umum dan truk pengangkut barang dengan kapasitas yang besar. Pengguna jalan di Gentong perlu bersabar dengan mempersilahkan truk melintas terlebih dulu. Truk menanjak amat pelan karena harus melewati tikungan dengan melebar.

Warga setempat lain mengatakan sebetulnya di tanjakan Gentong itu terdapat lampu penerangan tapi sudah lama mati. Sementara, kata dia, ruas jalan di bawah tanjakan Gentong yang dekat dengan permukiman warga, memang tidak ada tiang lampu penerangan jalan.

"Kalaun yang di sini mah emang enggak ada (lampu penerangan jalan)," kata dia sambil menunjuk ke arah permukiman warga yang berada di dekat titik awal tanjakan Gentong.

Terpopuler