Pemudik Melintas Cikaledong Bisa Istirahat di Bus Bandros

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih

 Kamis 30 May 2019 16:16 WIB

Pos Pelayanan Lebaran 2019 Polres Bandung, Cikaledong, Nagreg berkonsep Bandung Tour On the Bus (Bandros), Kamis (30/5). Foto: republika/m fauzi ridwan Pos Pelayanan Lebaran 2019 Polres Bandung, Cikaledong, Nagreg berkonsep Bandung Tour On the Bus (Bandros), Kamis (30/5).

Pemudik menuju Tasikmalaya atau Cilacap bisa mampir di bus bandros.

REPUBLIKA.CO.ID, NAGREG -- Bagi anda yang mudik menuju Jalur Selatan melalui Nagreg, Kabupaten Bandung. Tepatnya saat melintasi Cikaledong, pemudik akan disuguhkan pemandangan bus wisata Bandung Tour On Bus (Bandros) berukuran raksasa. Warna kendaraan didominasi oleh warna merah.

Jika Bandros yang dikenal adalah bus wisata, maka Bandros yang memiliki dua lantai di Cikaledong adalah bangunan pos pelayanan pengamanan Lebaran Polres Bandung. Bangunan itu berdiri di lahan kosong yang berada di perlintasan jalur dari arah Limbangan Garut dan Bandung.

Baca Juga

Kasatlantas Polres Bandung, AKP Hasby Ristama mengatakan ide pembangunan pos pelayanan berkonsep bus wisata Bandros datang dari Kapolres Bandung. Menurutnya, pihaknya ingin membuat satu trademark selama arus mudik berlangsung di Kabupaten Bandung.

"Bandros itu ikon dan trademark di Jawa Barat. Bahkan saat Milenial Safety Road, bus wisata tersebut keliling seluruh daerah. Masyarakat yang akan ke wilayah Timur akan melihat (Bandros) dan mengingatkan masih berada di Bandung," ujarnya saat ditemui di Nagreg, Kamis (30/5).

Bagi para pemudik yang tengah melintas di jalur Cikaledong, menurutnya bisa beristirahat sejenak di pos pelayanan tersebut. Katanya, disediakan tempat untuk beristirahat dan salat di musala bagi para pemudik.

"Pemudik bisa beristirahat sejenak disini yang hendak menuju Tasikmalaya atau ke Cilacap," ujarnya.

Di bagian dalam lantai pertama Bandros merupakan pusat komando pengaturan arus lalu lintas. Terdapat ruang video conference dan CCTV untuk mengawasi arus mudik lalu di wilayah Kabupaten Bandung.

Sedangkan di lantai dua dimanfaatkan untuk tempat nongkrong. Terdapat beberapa unit meja yang diteduhi oleh payung untuk anda gunakan. Di sisi kanan luar Bandros terdapat musala untuk tempat beribadah dan kamar mandi untuk buang air.

Bagi anda pemudik yang merasa kelelahan akibat perjalanan mudik dan tengah berada di Cikaledong bisa beristirahat di lokasi tersebut. Anda pun bisa salat dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke kampung halaman.

Saat ini arus mudik di wilayah Jalur Selatan khususnya di Nagreg, Kabupaten Bandung pada H-6 Lebaran 1440 hijriah perlahan mengalami peningkatan meski relatif masih normal. Kendaraan roda dua dan empat melintasi jalur nasional tersebut.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X