Kendaraan ke Jakarta Harus Lewat Pantura Mulai Brebes Barat

Rep: Febryan. A/ Red: Muhammad Subarkah

Kamis 30 May 2019 13:00 WIB

 Pemudik menggunakan kendaraan sepeda motor memasuki daerah perbatasan Propinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (16/8). (Aditya Pradana Putra/Republika) Pemudik menggunakan kendaraan sepeda motor memasuki daerah perbatasan Propinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (16/8). (Aditya Pradana Putra/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri mengatakan, kendaraan yang melintas di Tol Trans-Jawa dari arah Semarang harus memasuki jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) mulai dari Gerbang Tol Brebes Barat atau KM 263.

Hal ini dilakukan menyusul mulai diterapkannya skema rekayasa lalu lintas one way di ruas Tol Trans-Jawa dari KM 70 atau di GT Cikampek Utama hingga KM 263 GT Brebes Barat. One way diterapkan mulai hari ini (30/5) pukul 08.00 WIB.

 

"Pengendara dari Semarang menuju Jakarta memang telah kita alihkan pada KM 263. Artinya mereka bergerak sepanjang Pantura," kata Refdi usai meresmikan pelaksanaan one way di GT Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5).

 

Pengendara yang hendak menuju Jakarta bisa masuk kembali ke ruas Tol Trans-Jawa setelah di KM 70 hingga seterusnya. "Mereka (pengendara dari arah Semarang) bergerak terus di Pantura hingga Cikarang Barat," ungkapnya.

 

Direncakan skema rekayasa lalu lintas one way ini akan berlangsung terus hingga malam nanti pukul 21.00. Meski, kata Refdi, tak menutup kemungkinan adanya penambahan jam maupun penambahan panjang one way. 

 

Sehingga pengendara dari arah Semarang diharapkan sudah mengetahui dan mempersiapkan diri untuk melewati Jalur Pantura. "Petugas kita sudah siap dilapangan untuk memberikan arahan," imbuhnya. 

 

Pelaksanaan one way memang sudah direncanakan jauh-jauh hari oleh Korlantas dan semua pihak terkait. Hal ini guna mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi di Tol Trans-Jawa saat arus mudik Lebaran.