Ini Prediksi Titik Kemacetan Mudik Jalur Jawa

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andri Saubani

Rabu 29 May 2019 23:46 WIB

Ratusan kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Rabu (29/5). Korlantas Polri memberlakukan kebijakan jalur satu arah (one way) saat arus mudik untuk kendaraan dari Jakarta menuju arah Jawa Tengah yang dimulai dari Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat. Foto: Sigid Kurniawan/Antara Ratusan kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Rabu (29/5). Korlantas Polri memberlakukan kebijakan jalur satu arah (one way) saat arus mudik untuk kendaraan dari Jakarta menuju arah Jawa Tengah yang dimulai dari Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi mulai malam ini (29/5) kepadatan arus mudik akan terjadi. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan ada beberapa titik yang diprediksi menjadi titik kemacetan di jalur Jawa.

“Kalau di jalan tol itu relatif banyak antrean itu biasanya di Palimanan sampai Cirebon keluar di pintu Tol Plumbon akan ada antrean. Kalau ada orang dari Jakarta misal mau ke Majalengka itu pintu keluar tol pertama,” kata Budi di Gedung Kemenhub, Rabu (29/5). 

Berikutnya, kata Budi, titik kemacetan akan ada di pintu keluar Tol Ciperna yang diprediksi akan banyak pemudik yang keluar di lokasi tersebut. Beberapa di antaranya pemudik yang akan menuju Bumiayu, Brebes, dan Cilacap akan keluar di pintu keluar Tol Ciperna.

Dia menambakan, lokasi yang diprediksi akan mengalami kepadatan yaitu di pintu Tol Kalimati Adiwerna dan Kalikangkung. “Ini jadi perhatian kita termasuk pintu keluar Tol Malang dan Singosari kebetulan langsung bertemu jalan negara ke arah Batu tempat wisata itu potensi kemacetan,” ungkap Budi.

Untuk mengatakan hal tersebut, Budi memastikan akan melakukan koordinasi dan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas. Dia memastikan nantinya akan ada petugas kasatlantas yang melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi tersebut.

Terpopuler