Jelang Penerapan Satu Arah, Akses Tol Jakarta-Brebes Lancar

Rep: Febryan A/ Red: Reiny Dwinanda

Rabu 29 May 2019 15:51 WIB

Arus lalulintas di Jalan Tol Jakarta - Cikampek lancar namun masih banyak mobil kontainer yang melintas, Rabu (29/5). Foto: Republika/Fuji E Permana Arus lalulintas di Jalan Tol Jakarta - Cikampek lancar namun masih banyak mobil kontainer yang melintas, Rabu (29/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Ruas Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Brebes terpantau lancar pada Rabu (29/5) siang. Sebagian ruas tol ini, mulai Kamis (30/5) akan diterapkan rekayasa lalu lintas satu arah guna mengantisipasi kemacetan saat arus mudik.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, sejak dari Jakarta-Cikampek (Japek), arus kendaraan tampak lancar. Mulai dari Cawang hingga Bekasi, kendaraan melintas tanpa hambatan.

Baca Juga

Setelah itu, di sekitaran gerbang Tol Cibitung terjadi perlambatan laju kendaraan karena ada pengerjaan proyek nasional, yakni Tol Japek Eleveted. Kendaraan hanya bisa melaju sekitar 40 km/jam.

Meski pengerjaan proyek telah dihentikan, tetapi pengendara tetap harus melambat lantaran badan jalan mengecil karena dipakai untuk konstruksi. Lepas dari proyek nasional itu, akses kendaraan kembali lancar hingga gerbang Tol Cikampek 1. Sepanjang jalan juga tampak rest area yang aktif beroperasi.

Sedangkan di ruas Tol Cikopo-Palimanan kondisinya lebih lancar lagi. Tak banyak kendaraan yang melintas. Pengendara pun bisa memacu kecepatan mobilnya.

Terakhir, di ruas Tol Kanci-Palimanan, kondisi pun lancar hingga gerbang Tol Brebes Barat. Secara keseluruhan, belum terlihat adanya kemacetan arus mudik pada tujuh hari jelang lebaran ini. Begitupun arah sebaliknya, menuju Jakarta, tampak kendaraan melintas dengan lancar.

photo
Arus lalu lintas di jalan tol Kanci-Pejagan pada H-7 Idul Fitri 1440, Rabu (29/5), masih cenderung lengang dan masih banyak truk melintas. Kondisi jalan bergelombang tambal sulam juga masih ditemui di wilayah ini.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri ikut memantau kesiapan ruas Tol Trans Jawa jelang penerapan satu arah. Ia memantau langsung dari helikopter, mulai dari Cawang, Jakarta, hingga Brebes, Jawa Tengah.

Pada hari penerapan one way Kamis pagi, Refdi juga direncanakan untuk melakukan pantauan langsung di lapangan. One way atau akses jalan satu lajur akan diterapkan mulai dari KM 69 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 263 Tol Pejagan-Pemalang. Waktu pemberlakuan mulai dari tanggal 30 Mei ingga 2 Juni setiap pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Sementara itu, untuk Tol Jakarta-Cikampek mulai dari KM 29 hingga KM 61 akan diterapkan manajemen lalu lintas contra flow. Pemberlakuan mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.