Libur Lebaran, Solok Siapkan 10 Destinasi Wisata Unggulan

Red: Reiny Dwinanda

Rabu 29 May 2019 13:26 WIB

Rumah Gadang di Solok Selatan, Sumatra Barat Foto: Republika TV/Febrian Fachri Rumah Gadang di Solok Selatan, Sumatra Barat

REPUBLIKA.CO.ID, AROSUKA -- Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatra Barat, menyiapkan 10 destinasi wisata unggulan untuk menyambut para perantau dan pengunjung pada libur Lebaran 1440 Hijriah. Alahan Panjang Resort, Pesanggrahan Danau Singkarak, Kampung Budaya Jawi-jawi, panorama Danau Kembar, dan Bukik Chinangkiek termasuk di antaranya

"Selain itu, juga ada Taman Sains Pertanian Sukarami yang bekerjasama dengan Balai PengkajianTeknologi Pertanian (BPTP) Sumbar, Desa Wisata Tabek, Tugu Ayam Arosuka, Puncak Gobah Aripan, dan Janjang Saribu (tangga seribu) Sulik Aie," kata Kepala Dinas Pariwisata, Nasripul Romika di Arosuka, Rabu.

Nasripul menyebutkan, 10 destinasi tersebut dapat dikunjungi dalam acara semarak Lebaran 2019 di Kabupaten Solok. Di daerah wisata Alahan Panjang Resort dan Pesanggrahan Singkarak, di samping ada kesenian rakyat juga ada pasar rakyat dan permainan anak-anak dalam lokasi wisata.

Nasripul mengatakan, pihaknya juga melibatkan kelompok sadar wisata (pokdarwis) untuk mengamankan dan membantu pelayanan pariwisata di beberapa lokasi wisata yang dikelola nagari secara mandiri. Acara kesenian dihadirkan dan dibantu oleh pihak ketiga yang jadwalnya disesuaikan dengan libur Lebaran H+2 atau H+3.

Ia juga mengimbau pada pelaku wisata dari pihak swasta agar menjaga kebersihan tempat serta memberikan kenyamanan dan pelayanan yang baik kepada pengunjung.

"Apalagi banyak para perantau yang akan pulang kampung dan mengajak keluarganya dari luar kota untuk menikmati liburan dan suasana Solok," ujarnya.

Menurut Nasripul, jika pelaku wisata dan masyarakat dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan kepuasan saat berwisata ke Solok, tentunya pengunjung akan kembali lagi untuk menikmati wisata Solok lainnya. Ia mengatakan, berbagai fasilitas pariwisata seperti tempat parkir, toilet, mushala, dan kelengkapan sarana lainnya telah dibenahi pemerintah setempat untuk memuaskan hati wisatawan.